Waspada! Flu Bisa Menyebabkan Kematian Jangan anggap enteng flu. (Foto: Pexels/Pixabay)

HUJAN masih mengguyur dan banjir mengikuti di belakangnya. Ini berakibat munculnya potensi berbagai penyakit, salah satunya adalah flu.

Terkadang orang menganggap enteng penyakit yang dikibatkan oleh virus ini. Waspadalah!

Baca Juga:

Jangan Takut Nyebur, Ini Mitos Berenang yang Perlu Kamu Ketahui

flu
Perlunya vaksin flu untuk mencegah sakit. (Foto: Unsplash/CDC)


Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), di Amerika diperkirakan bahwa setidaknya 12 ribu orang meninggal akibat influenza antara 1 Oktober 2019 - 1 Februari 2020.

Pakar penyakit menular, Amesh A. Adalja, MD, dari John Hopkins Center for Health Security di Baltimore, mengatakan flu belakangan ini sulit diatasi. Tetapi belum mencapai ambang epidemi. Menurutnya flu saat ini didominasi influenza B dan A H1N1.

Dr. Adalja menjelaskan ketika strain kedua mulai mendominasi musim flu, ini dapat menyebabkan musim flu berlangsung lebih lama. Jadi, bagaimana angka-angka kematian pada musim flu sekarang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya?


Baca Juga:

Makanan Terlarang untuk Selebriti Korea

flu
Segera diobati bila terkena gejala flu. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)


Sejauh ini, tampaknya angka kematian 2019-2020 tidak setinggi musim 2017-2018. Tercatat sekitar 61 ribu akibat virus ini. Kemudian pada catatan tahun 2018-2019 ada sekitar 34.200 kematian terkait flu.

Secara keseluruhan, CDC memperkirakan kematian setiap tahun sejak 2010 diakibatkan karena flu. Secara global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa flu membunuh 290 ribu hingga 650 ribu orang per tahun.

Dr. Adalja mengatakan tingkat kematian tahunan tergantung pada jenis virus yang dominan. Kemudian seberapa baik vaksin bekerja untuk melindungi terhadap jenis virus itu. Lalu seberapa banyak orang yang divaksinasi. Flu lebih sulit dilawan untuk populasi tertentu, seperti bayi dan anak-anak, orang tua, dan orang-orang yang immunocompromised karena penyakit kronis seperti HIV atau kanker.

Mulai sekarang, yuk mulai hidup sehat dan jangan lagi remehkan flu. (arb)


Baca Juga:

Makanan Sehat Ini Sebenarnya Bisa Menjadi Buruk Untuk Kamu. Loh Kok?


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH