Waspada Bahaya Asma Mengintai Bayi Waspada gejala asma pada bayi (Sumber: Baby Gaga)

SETIAP anak terlahir membawa materi genetik dari kedua orang tuanya. Genetik tersebut tidak hanya berperan untuk mewarisi penampilan dan kepribadian dari orang tua tetapi juga mutasi genetik atau alergi. Salah satu bentuk alergi yang bisa ditemukan misalnya Asma.

Asma merupakan kondisi dimana saluran bronkial meradang karena alergi atau penyakiit. Kondisi ini menutup saluran udara dan menyebabkan bayi kesulitan bernapas. Meskipun kondisi ini paling umum dialami oleh orang dewasa, dokter melihat adanya peningkatan kasus asma pada bayi.

Asma dapat lebih berbahaya jika dialami bayi karena mereka memiliki saluran udara yang lebih kecil daripada orang dewasa. Jika tidak dirawat tepat pada waktunya dapat mengancam keselamatan bayi. Orang tua perlu memahami tanda pertama bayi mengalami asma. Berikut tanda asma yang umum ditemui pada bayi:

1. Kesulitan Bernapas

Susah Napas
Bayi kesulitan bernapas (Sumber: Kid Spot)

Ketika kamu melihat bayimu berusaha keras untuk bernapas, itu bisa menjadi indikasi asma. Untuk mengetahui seberapa sulit ia bernapas lihatlah dari gerak perutnya. Jika ia sering menggerakkan perutnya saat bernapas segera periksakan bayi ke dokter.

2. Sering Batuk

Bayi batuk
Terlalu sering batuk jadi indikasi asma. (Sumber: My Dr)

Batuk merupakan cara tubuh untuk membersihkan saluran udara. Jika batuk pada bayi frekuensinya cukup tinggi bisa jadi itu merupakan gejala asma. Tanda umum yang menunjukkan asma pada bayi adalah batuk. Itu karena ada sesuatu yang menghalangi pernapasan bayi, mungkin ada pembengkakan.

3. Mengi

Bayi Mengi
Mengi adalah suara tinggi saat menghembuskan napas. (Sumber: What To Expect)

Mengi atau suara bernada tinggi saat menghembuskan napas adalah indikasi utama dari asma. Apabila si kecil terus menerus mengi, sekaranglah saatnya untuk mendapatkan pengawasan medis.

4. Kesulitan Makan

Bayi menyusu
Bayi susah menghisap puting ibu. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Ketika bayi mulai tidak proaktif dalam makan atau menghisap sesuatu, orang tua harus mulai waspada. Itu terjadi karena saat makan atau menghisap sesuatu, bayi kekurangan asupan oksigennya. Gejala ini biasanya disertai oleh gejala lainnya. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH