Waspada! Alzheimer Juga Bisa Terjadi di Usia Muda, Kenali Tanda-tandanya Kenali berbagai tanda alzheimer di usia muda (Foto: pixabay/anemone123)

ALZHEIMER merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada ingatan. Biasanya disertai dengan penurunan fungsi mental lain.

Kendati alzheimer umumnya meningkat pada usia di atas 65 tahun, Alzheimer juga ternyata bisa saja terjadi di usia muda, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

  1. Azlheimer pada usia muda bisanya terjadi pada orang dengan usia 40-50 tahun, bahkan ada juga yang berusia 30 tahun. Tapi sayangnya, ahli medis kerap kali kesulitan melakukan diagnosa Alzheimer pada usia muda. Karena gejalanya, sering kali tampak hanya seperti orang yang stres, akibat tekanan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Tips Simpel Melindungi Anak agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Mengapa hal itu tersebut bisa terjadi? Salah satunya ialah karena penumpukan protein di otak yang disebut amiloid. Kondisi tersebut dapat memengaruhi cara bepikir, yang bisa mengarah menjadi alzheimer.

Adapun penyebab lainnya yaitu karena mutasi pada gen yang diwarisi dari orang tua. Seperti kakek atau nenek yang menderita alzheimer, cendrung mengalami kondisi yang serupa.

Salah satu gejala awalnya ialah penurunan kemampuan mengingat (Foto: pixabay/jarmoluk)

Lantas bagaimana cara mengetahui anda terkena penyakit itu secara dini? Biasanya gejala awal yang terjadi ialah kebingungan serta penurunan kemampuan mengingat.

Tanda yang pertama ialah hilang ingatan. Tandanya ialah hilangnya fungsi memori atau menurunnya kemampuan mental layang ditandai dengan hilangnya ingatan. Kamu akan mulai mengalami lupa yang lumayan parah.

Kemungkinan kamu tak bisa mengingat kejadian penting atau tanggal-tanggal yang sebelumnya tak pernah kamu lupakan. Hilangnya ingatan tersebut bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari kamu.

Ciri Alzheimer yang pertama ialah kamu sulit mengingat kejadian-kejadian penting (Foto: pixabay/stocksnap)

Tanda yang kedua yakni sulit menemukan kata-kata yang tepat. Jika terjadi Alzheimer di usia muda, maka kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan mencari kata-kata yang tepat disaat berbicara.

Meski kamu bisa bercakap-cakap seperti biasa, namun tiba-tiba kamu bisa kehilangan atau kesulitan menemukan kata-kata yang hendak kamu sampaikan.

Tanda lainnya yaitu sulit menemukan kata-kata yang hendak kamu sampaikan (Foto: pixabay/rawpixel)

Selanjutnya, tanda yang ketiga ialah sulit mengingat waktu, terlebih dalam membuat rencana-rencana pada waktu yang akan datang. Kamu pun akan kesulitan mengingat tempat, dan lama kelamaan bingung serta tak tau alasan berada di tempat itu. Hal itu mengakibatkan kamu akan gampang tersesat dan lupa cara kamu sampai ke suatu tempat.

Lalu tanda lainnya dari Alzheimer di usia muda ialah kesulitan dalam melakukan pekerjaan yang biasa kamu kerjakan sehari-hari. Misalnya seperti mengemudi, padahal kamu sebelumnya tergolong pengemudi yang andal. Begitu juga dalam pekerjaan sehari-hari lainnya yang lebih mudah dari itu.

Perubahan mood yang terjadi sering kali pertanda Alzheimer di usia muda (Foto: pixabay/robbinhiggins)

Baca Juga: Tips Jitu Agar Tubuh Tetap Fit Seusai Begadang

Tanda yang terakhir ialah perubahan mood atau suasana hati. Dalam hal ini jika kamu mengalami alzheimer di usia muda ialah kerap terjadi perubahan mood, seperti takut, bingung, gelisah hingga depresi. Lebih buruknya, perubahan suasana hati terjadi secara ekstrem yang bisa memengaruhi kepribadian kamu. (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH