Waspada! Ada Bahaya Mengintai di Balik Teh Manis Konsumsi teh berlebih bisa buruk untuk kesehatan. (foto: pixabay/rawpixel)

SEGELAS teh manis, entah hangat ataupun dingin, selalu jadi pilihan bagi orang Indonesia setelah makan. Terlebih ketika berpuasa. Teh manis enggak akan absen dari menu sahur dan berbuka.

Ketimbang minuman bersoda, teh manis memang lebih baik. Namun, itu tak berarti teh manis sehat. Konsumsi teh manis berlebih juga bisa memberi efek buruk pada tubuh lho.

1. Diabetes

honey
Ganti gula dengan madu. (foto: pixabay/fancycrave1)

Minum teh dengan pemanis buatan seperti gula akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Cobalah pikir lagi, memakai pemanis alami seperti madu. Sama manisnya kok.

2. Batu Ginjal

s teh
Es teh membuat risiko terkena gagak ginjal. (foto: pexels/markusspikes)


Minum teh manis berlebihan dapat membuatmu terkena batu ginjal. CBS News melaporkan pasien pria yang terkena gagal ginjal akibat terlalu banyak meminum es teh manis.

3. Penyakit Kardiovaskular

abdominal pain
Kadar kafein pada teh enggak baik untuk tekanan darah. (foto: pixabay/derneumann)

Biarpun sedkit, teh itu masih mengandung kadar kafein, apalagi teh yang hitam dan pekat. Terlalu banyak kafein akan merusak sistem kardiovaskular kamu.

Suzanne Steinbaum selaku direktur dari Women's Heart Health di Lenox Hill Hospital mengungkapkan bahwa semua teh hitam itu berkafein yang pastinya tidak baik bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tinggi.

4. Obesitas

slimming
Teh manis mengandung gula yang membuat gemuk.(foto: pixabay/jarmoluk)


Terlalu banyak gula dalam teh akan membuat berat badan kamu bertambah. Faktanya, satu botol minuman teh yang biasa kamu beli sama dengan lima hingga delapan sendok gula. Jumlah itu lebih banyak ketimbang brand-brand soda yang kamu kenal.

5. Stroke

heartache
Gula dalam teh manis meningkatkan trigliserida pemicu stroke. (foto: pixabay/pexels)


Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, trigkiserida kamu akan meningkat dan bisa memunculkan risiko stroke juga lho!

Jadi mulai sekarang kontrol jumlah konsumsi teh manis kamu ya.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH