Waspada, 70 Persen Penderita Corona di Tanah Air tak Bergejala Virus corona dideteksi dengan swab tes (Sumber: Business Insider)

Merahputih.com - Juru Bicara pemerintah soal penanganan corona, Achmad Yurianto, menyebut 70 persen pasien COVID-19 yang tak mempunyai gejala.

"Kita sudah mengenal dengan sebutan OTG orang tanpa gangguan," kata Yurianto di Gedung BNPB, Senin, (6/4).

Baca Juga:

PSI Usul Pemerintah Terbitkan Perppu untuk Libatkan Swasta Dalam Penanganan COVID-19

"Dia bisa saja kemudian merasa tidak sakit karena tanpa gangguan, bahkan dengan gangguan yang minimal kadang-kadang persepsi sakit itu kan beda ya," urai dia.

Bisa saja ada orang yang hanya batuk dan demam tidak terlalu tinggi merasa dirinya tidak sakit. "Ini yang kemudian bisa menjadi potensi untuk terjadinya sumber penyebaran baru di kampung kita, apalagi kemudian kita tidak menjaga physical distancing," jelasnya.

Ilustrasi hasil tes corona
Ilustrasi hasil tes corona (Foto: antaranews)

Ia menjelaskan, mereka paling berpotensi menyebabkan penularan. Sebab, kriteria orang sakit di berbagai daerah itu berbeda.

"Tapi di masyarakat yang lain jerawatan 1 mungkin sudah cari dokter spesialis kulit. Itu persepsinya beda," sambungnya.

Ia mencontohkan, orang yang melakukan perjalanan jauh akan berada bersama dengan banyak orang saat di terminal dan di dalam kendaraan dan kondisi yang demikian meningkatkan risiko mereka tertular virus.

Baca Juga:

Hari Ini 50.000 Alat Tes Pemeriksaan COVID-19 dari Korea Selatan Tiba di Jakarta

"Nanti ada yang batuk, dropletnya bisa mengenai benda-benda di dalam bus," katanya.

Kepada warga yang sudah terlanjur mudik atau yang terpaksa berpergian, dia menyarankan agar mereka menjaga jarak saat berinteraksi langsung dengan orang lain, untuk sementara tidak bersalaman dengan keluarga di kampung, dan rajin mencuci tangan. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH