Wasekjen Gerindra ke Jokowi: Janji Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar Kabut asap di Riau. Foto: Sony Andrio Ranhas/@SonyAndrio

MerahPutih.com - Kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan semakin memperihatinkan. Warga sudah tidak tahan dengan lekatnya kabut asap.

Menanggapi buruknya kualitas udara di dua pulau tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Gerindra, Andre Roside menyindir Presiden Jokowi. Ia pun teringat dengan celotehan Jokowi saat debat Pilpres 2019 lalu.

Baca Juga

Pontianak Berselimut Asap Karhutla, Udara Terasa Pahit

"Waktu debat Capres pak @jokowi dengan bangga bilang tidak ada kebakaran hutan. Sekarang asap sudah sampai kampung saya di Padang dan Wilayah Sumatera Barat," tulis Andre di akun Twitter pribadinya, @andre_rosiade, Jumat (13/9)

Menurut anggota DPR terpilih dari dapil Sumbar I ini, apa yang disampaikan Jokowi saat debat beberapa waktu lalu itu hanya nol besar.

"Janjinya udah enggak ada kebakaran, janjinya akan pecat pejabat TNI dan Polri kalo masih ada kebakaran. Faktanya NOL BESAR," tegasnya.

Baca Juga

KPK Buka Suara soal Kerugian Negara Akibat Karhutla

Seperti dilansir Antara, kualitas udara di wilayah Sumatera Barat menurun menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang.

"Kualitas udara lebih buruk pada malam hari, lalu dini hari hingga pukul 10.00 WIB," ujar Kepala BMKG Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang Wan Dayantolis.

"Dalam kondisi berkabut seperti saat ini, jika memang mau beraktivitas di luar ruangan sebaiknya siang hari. Namun tetap perlu dibatasi terutama bagi kelompok rentan seperti orang tua dan anak," sambungnya.

Foto: Sony Andrio Ranhas/@SonyAndrio
Kabut asap di Riau. Foto: Sony Andrio Ranhas/@SonyAndrio

Ia menjelaskan, selama kurun itu polusi cenderung lebih pekat karena atmosfer dalam keadaan stabil sehingga polutan terperangkap di permukaan. Polutan baru bergerak saat ada pergerakan angin pada siang hari.

Baca Juga

Enggak Becus Urus Karhutla, Jokowi Minta Kapolda dan Pangdam Dicopot

BMKG memprakirakan kabut asap masih akan meliputi wilayah Sumatera Barat hingga tiga hari ke depan karena peluang hujan kecil dalam rentang waktu tersebut. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH