Warna Mobil Putih yang Tetap Kinclong Mobil putih jangan keseringan dicuci. (Foto" Pexels/Pixabay)

PADA sepuluh dekade ke belakang, mobil putih bukan pilihan pembeli. Ada saja alasannya, mulai cepat kusam sampai takut disangka ambulans. Warna mobil putih pada waktu itu bukanlah pilihan yang bagus, makanya waktu itu jarang sekali produsen mobil mengeluarkan warna putih.

Namun mobil warna putih sudah menjadi tren lima tahun belakangan ini. Orang sudah tidak lagi mengeluh dengan berbagai alasan. Warna putih memang cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia. Paling tidak mobil akan lebih mampu menangkis sinar matahari yang mencorong dan AC jadi lebih dingin.

Baca Juga:

Transmisi Otomatis Masuk Angin, Ini Penyebabnya

putih
Lindungilah dengan pemakaian wax seminggu sekali. (Foto: Pexels/Mike Bird)

Meskipun warna putih kinclong, namun lambat laun warnanya akan berubah karena pengaruh faktor eksternal. Mobil bukan menjadi kusam namun cenderung kekuningan. Terutama adalah terkena polusi parah bila berada di kota besar seperti Jakarta. Kemudian faktor terlalu sering dicuci akan menimbulkan problematika itu

Menurut KabarOto, mobil berwarna putih yang sering dicuci akan membuat warna mobil menjadi memudar. Ini disebabkan karena gesekan yang terlalu seing. Jalan terbaik untuk tetap mempertahankan warna putihnya adalah dengan menggunakan wax.

Memoles wax pada bodi mobil cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Wax memiliki bentuk seperti lotion yang biasa digunakan untuk tubuh. Cara kerjanya hampir sama dengan sunblock, kulit tubuh memiliki lapisan sehingga terhindar dari bahaya UVA/UVB. Tidak akan ada efek negatif pada pemakaian wax.

Dilansir dari laman KabarOto, hasil polesan wax ini akan bertahan selama 3 hari dan mampu melindungi cat selama itu. Paling tidak untuk mendapatkan perlindungan cat, maka kamu harus melakukannya paling tidak seminggu sekali. Boleh saja mendatangi salong mobil, namun yang harus kamu perhatikan adalah produk wax yang digunakan. Hati-hati dengan produk palsu.

Baca Juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

putih
Mobil berwarna putih yang terus-menerus dirawat akan menjadi kinclong. (Foto: newatlas)

Sebenarnya ada cara yang baik untuk melindungi cat selain wax. Kalau wax cenderung lebih bersahabat dengan dompet, namun harus memerlukan ketekunan kamu. Bila mau lebih mahal tentunya perlindungan coating ceramic yang paling baik.

Coating ceramic merupakan perawatan untuk melapisi bodi mobil dengan cairan yang mengeras. Pengerjaannya disarankan tidak dilakukan dirumah atau tidak dengan ahlinya, karena cairan ini mudah mengeras. Bukannya dilapisi membuat mobil jadi enak dipandang, bisa-bisa merusak cat mobil.

Pilihan lainnya yaitu protection film, untuk perawatan ini mobil akan dilapisi dengan kaca film bening. Sehingga kotoran maupun gesekan yang terjadi pada mobil akan menyentuh lapisan ini, bukan cat mobil. (*)

Baca Juga:

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH