Musik

Warisan Phil Spector di Lagu Para Legenda Musik

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 27 Januari 2021
Warisan Phil Spector di Lagu Para Legenda Musik
Phil Spector dikenal sebagai pencipta 'Wall of Sound'. (Foto: theguardian)

PHILL Spector adalah salah satu produser rekaman yang dikenal sebagai pionir ‘wall of sound’ dalam genre pop. Ia dikabarkan meninggal dunia di usia 81 tahun pada 16 Januari 2020.

Dilansir dari laman TMZ, Spector yang menjalani masa tahanan 19 tahun karena kasus pembunuhan aktris Lana Clarkson sudah menjalani hukuman sejak 2009. Ia meninggal dunia di rumah sakit penjara disebabkan oleh penyakit komplikasi.

Baca juga:

Rayakan Pelantikan Joe Biden, Bad Religion Rilis 'Emancipation Of The Mind'

Phil Spector diakui dunia sebagai salah satu produser paling berpengaruh dalam sejarah musik, hasil rekaman olahannnya identik dengan esktetika orkestrasi padat atau dikenal sebagai ‘wall of sound’.

Selain karyanya yang terkenal bersama Ronettes, The Crystals, Darlene Love, Ike & Tina Turner hingga The Beatles. Terlepas dari semua kontroversinya, berikut lima lagu yang mungkin kamu tidak sadari, Phil Spector terlibat dari dalamnya.

1. John Lennon – Instant Karma (1970)

Instant Karma merupakan salah satu lagu John Lennnon yang rilis pada Februari 1970 di bawah naungan Apple Records. Selain bekerja sama di album Imagine, Phil Spector juga ikut memproduseri single tersebut. Bunyi dering piano serta semburan suara sonic yang manis dan gemerincing ritme adalah spesialisasi dari Spector.

2. George Harrison – Bangla Desh (1971)

Selain dengan John Lennon, ternyata Phil Spector juga pernah ikut memproduksi single dari personel The Beatles lainnnya, George Harrison di lagu Bangla Desh pada 1971.

Lirik dalam lagu ini membantu meningkatkan kesadaran internasional tentang krisis kemanusiaan yang terjadi di Bangladesh. Spector juga memproduseri album Live The Concert for Bangladesh dan memenangkan penghargaan Grammy pada 1973 untuk album tersebut.

Baca juga:

Weezer Siapkan Album Dadakan Akhir Januari 2021

3. Ramones – Rock ‘n’ Roll High School (1979)

Unit punk rock legendaris, Ramones, juga sempat diproduseri oleh Phil Spector. Pada lagu ini, Spector membuat lagu Ramones menjadi versi miliknya dengan merekam ulang album End of the Century.

Versi ini dibuka dengan akord gitar yang panjang dan ditopang serta memiliki aransemen yang sedikit berbeda. Selain itu, aransemen Spector juga ditampilkan dalam video musik lagu tersebut.

4. Yoko Ono – No, No, No (1981)

Ketika Yoko Ono menanggung hal yang tak terpikirkan, ia bekerja sama dengan Phil Spector untuk memprodusksi Season of Glass (1981).

Lagu No, No, No merupakan potret serampangan tentang kerapuhan, ketidakpastian, dan ketidakstabilan saat Yoko Ono berusaha melewati dunia tanpa belahan jiwanya.

5. John Prine – God Only Knows (2018)

Lagu ini ditulis bersama oleh John Prine dan Phil Spector di akhir tahun 70an yang tidak pernah berhasil masuk ke album Bruised Orange (1978).

Bahkan, beberapa dekade kemudian, Prine merekamnya sebagai trek kedua untuk album studio terakhirnya bertajuk The Tree of Forgiveness. (far)

Baca juga:

Kolaborasi dengan Rosalia, Billie Eilish Bernyanyi dalam Bahasa Spanyol

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan