Warganet Ingin Game 'Sonic the Hedgehog' Dibatalkan, Ada yang Salah? ArcForged diam-diam galang dana untuk game terbaru Sonic, meski sudah dibantu oleh SEGA (Foto: Game Rant)

SEGA dihajar habis oleh warganet karena buat game terbaru Sonic the Hedgehog. Dengan judul Sonic Smackdown, game tersebut akan menjadi game bergenre fighting dua dimensi yang digarap oleh developer indie ArcForged, dan dipublish oleh SEGA dalam waktu dekat ini. Lalu apa yang bikin warganet begitu kesal dengan game tersebut?

Dilansir dari laman We Got This Covered, Developer tersebut ternyata secara diam-diam menggalang dana untuk membuat game Sonic Smackdown. Padahal besar kemungkinan developer tersebut sudah mendapatkan bujet cukup untuk membuat game Sonic dari SEGA itu sendiri.

Baca juga:

5 Rekomendasi Gim 'Sonic the Hedgehog' yang Wajib Kamu Mainkan!

Isu ini ternyata diketahui oleh warganet, termasuk para penggemar game Sonic the Hedgehog. Warganet kemudian membuat tagar #CancelSonicTwitter yang menjadi ramai di Twitter.

Beberapa pengguna akun Twitter juga memberikan keluh kesahnya ketika mengetahui informasi dari ArcForged yang terkesan 'rakus', dan ingin membuat franchise terbaik SEGA tersebut menjadi sapi perah baginya.

Tentu SEGA memiliki niat yang baik, dengan memberikan game dengan genre yang paling fresh untuk merayakan 30 tahun lahirnya Sonic the Hedgehog di industri game. Tapi sayang bila SEGA merekrut developer indie yang ternyata bisa memicu sebuah drama di internet.

Jika tagar, dan keluh kesah tersebut bisa terdengar sampai ke SEGA itu sendiri, sepertinya mereka akan menindak lanjutkan perilaku ArcForged. Ini bisa memicu runtuhnya kredibilitas franchise yang telah SEGA bangun selama tiga dekade ini.

Baca juga:

5 Teman Sonic Akan Datang ke Sekuel 'Sonic the Hedgehog'?

SEGA telah mengadopsi tiga developer indie untuk membuat seri lain, atau sekedar remaster dari Sonic, Yakni Sonic Mania, Sonic Dreams Collection, dan Sonic CD Remaster. Ketiga game tersebut memiliki ulasan yang cukup baik di platform game konsol maupun PC.

Sonic Mania menjadi game dari developer indie yang sukses di pasar game (Foto: Game Rant)

Jadi intinya, bukan tidak mungkin SEGA ingin mengadopsi satu developer indie lain agar franchise game Sonic lebih fresh. Apalagi semua hal yang dilakukan SEGA America tersebut adalah sebagai 'permohonan maaf'. Soalnya, game yang mereka garap sendiri masih belum memberikan ekspektasi lebih di konsol terkini, yakni Sonic Forces.

Tapi ini bukan kali pertama SEGA merilis game bergenre fighting, Sonic the Fighters di konsol SEGA Saturn, dan Sonic Adventure 2 Battle di Game Boy Advance. Kedua game tersebut digarap secara langsung tanpa bantuan dari developer indie.

Di lain hal, sekuel film Sonic the Hedgehog sedang digarap oleh Paramount Pictures. Diperankan oleh Ben Schwartz, Jim Carrey, dan James Marsden, kemungkinan besar film tersebut akan rilis pada 8 April 2022. (dnz)

Baca juga:

'Sonic The Hedgehog' Film Live-Action Video Game dengan Pendapatan Terbesar


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH