Warga Yogyakarta Gelar Kenduri Rayakan Pelantikan Gubernur DIY Rakyat Yogyakarta sangat senang dengan pelantikan Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Pakualaman X (MP/Teresa Ika)

PELANTIKAN Gubernur dan Wakil Gubernur DIY disambut meriah oleh warga. Beberapa warga serta abdi dalem Yogyakarta spontan menggelar syukuran kecil-kecilan. Syukuran di gelar di Istana Kepresidenan, (Gedung Agung) Yogyakarta di Jalan Malioboro Selasa sore.

Para Abdi dalem datang mengenakan busana adat Jawa lengkap dengan blangkon dan kerisnya. Mereka membawa dua buah nasi tumpeng. Beberapa hasil bumi seperti buah-buahan, sayur mayur dan bunga turut di bawa.

Sebelum tumpeng dibagikan, para abdi dalem ini melakukan ritual. Mereka membakar kemenyan dan dupa. kemudian menyemburkan air dan kembang ke sesajen yang telah disiapkan. Doa-doa syukur didaraskan.

Kemudian tumpeng dibagikan kepada warga dan wisatawan yang melintas. Tumpeng ini berisi nasi sayur serta beberapa lauk berupa potongan ayam dan telur. Warga yang hadir mengambil tumpeng dengan antusias. Mereka pun tak henti-hentinya mengembalikan syukuran ini dengan ponsel.

Kordinator acara, Widhiasto Wasana Putra mengatakan syukuran spontan ini digelar sebagai bentuk ucapan syukur dan apresiasi warga Yogyakarta atas pelantikan kedua pemimpin daerah tepat di hari terakhir masa jabatan.

"Syukuran ini juga digelar sebagai obat pelipur lara warga Yogyakarta yang ingin pelantikan keduanya dilakukan di Jogjakarta," ujar Widi usai acara kenduri Selasa (10/10) 2017.

Warga dan wisatawan yang ikut kenduri ini merasa senang dengan adanya pelantikan kembali Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Salah seorang warga, Yayuk Marsiah (30) berharap di periode pemerintahan yang baru kedua pemimpin ini bisa mengatasi kemacetan yang mulai semakin menggila di Yogyakarta. "Sekarang kalau saat jam pergi dan pulang kerja di beberapa ruas jalan seperti Jalan Kaliurang, Magelang sering terjadi kemacetan. Semoga besok nya bisa berkurang lagi kemacetannya," tutur warga Berbah Sleman DIY ini.

Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Pakualaman X baru saja dilantik kembali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Keduanya dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana negara Jakarta sekitar pukul 16.00 wib. Sebagai daerah otonomi khusus, keduanya ditetapkan kembali sebagai pimpinan bukan dipilih langsung rakyat. Tapi ditetapkan oleh DPRD DIY pada sidang istimewa 2 Agustus 2017. (*)

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH