Warga yang Mudik Lokal ke Jabodetabek Juga Ikut Ditindak? Pemudik bersepeda motor melintas di Jalur Pantura Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (8/6). Sejumlah pemudik berangkat lebih awal guna menghindari kepadatan lalu lintas di kawasan pantura. ANTARA

Merahputih.com - Polisi tak mempermasalahkan warga yang mudik lokal selama terus mengedepankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mudik lokal yang dimaksud adalah silaturahmi hanya disekitaran wilayah Jabodetabek saja. Misalnya, warga di Tangsel mau pergi ke Bekasi atau Depok.

"(Silahturahmi keluarga hanya di wilayah Jabodetabek) Boleh, enggak ada masalah kalau itu," ucap Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Kombes Benyamin saat dihubungi wartawan, Kamis (14/5).

Baca Juga:

Dapat Izin Khusus dari Kemenhub, Lion Air Group Kembali 'Terbang'

Apalagi, wilayah Jabodetabek tengah menerapkan PSBB. Maka sudah dipastikan warga harus tetap mematuhi aturan tersebut apabila melakukan mudik lokal. Semisal menggunakan masker dan menjaga jarak seperti yang diwajibkan dalam aturan PSBB.

Kemudian, warga juga diwajibkan berkendara dengan jumlah penumpang tidak melebihi aturan yang tercantum dalam PSBB. "Mudik di lingkungan PSBB, misalnya Jabodetabek. Berarti ikut aturan PSBB," kata dia.

Pemudik menggunakan sepeda motor tahun ini kemungkinan bertambah
Pemudik sepeda motor (Foto: Ist)

Soal sanksi yang diterapkan, hal itu masuk ke dalam ranah pemerintah daerah terkait. Dimana setiap Pemerintah Daerah punya aturan terkait sanksinya masing-masing apabila melanggar PSBB.

"Ya kalau dalam lingkungan PSBB seperti itu, masalah sanksi serahkan pada masing-masing pemerintah daerah," katanya.

Sementara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih terus mendapati warga yang hendak mudik Lebaran 2020.

Baca Juga:

Polisi Selidiki Sindikat Penyelundupan Pemudik Ilegal

Tercatat ada 566 kendaraan yang berupaya keluar Jakarta dan sekitarnya, Rabu 13 Mei 2020. Jumlahnya menurun ketimbang Selasa 12 Mei 2020, yang mencatat sebanyak 637 kendaraan yang coba keluar.

Sebanyak 77 kendaraan roda empat diputar balik di Pintu Tol Cikupa dan 216 kendaraan diputar balik di Pintu Tol Cikarang Barat arah Jawa Barat. Sementara itu, sebanyak 273 kendaraan lainnya diputar balik di jalur arteri pada Rabu 13 Mei 2020. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH