Imlek 2018

Warga Tionghoa di Manado Gelar Prosesi Sambut Imlek

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 14 Februari 2018
Warga Tionghoa di Manado Gelar Prosesi Sambut Imlek
Ilustrasi doa bersama jelang Imlek (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.Com - Sejumlah persiapan mulai dilakukan warga Tionghoa di Tanah Air dalam menyambut hari raya Imlek. Persiapan Imlek lumayan terasa di kota-kota besar seperti Manado, Pontianak, dan Semarang.

Menyambut hari raya Imlek 2569 Kongzili, warga Tionghoa di Manado, terutama umat Konghucu, melakukan berbagai prosesi sembahyang di tempat ibadah Tri Dharma.

"Imlek merupakan perayaan keagamaan yang tertera dalam kitab suci, dan karena agama ini berasal dari Tiongkok, maka budaya dari negeri Tirai Bambu juga kental ada di dalamnya," kata Ketua Bidang Hukum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia, Sofyan Jimmy Yosadi, di Manado, Rabu (14/2).

Yosadi mengatakan, ritual keagamaan di tempat ibadah umat itu sama, dimana seminggu sebelum Imlek sudah ada berbagai rangkaian dan ritual keagamaan dengan berdoa, serta melakukan tradisi Tionghoa lainnya.

Khusus untuk ritual keagamaan, kata Yosadi sebagaimana dilansir Antara, umat akan melaksanakan sembahyang untuk leluhur di rumah masing-masing menjelang tahun baru pada pagi hari, dimana seluruh anggota keluarga akan berkumpul.

"Setelah sembahyang leluhur, umat yang ada di rumah masing-masing makan bersama dengan berbagai simbol dan tradisi khas Tionghoa, dengan maknanya masing-masing," katanya.

Kemudian pada malam hari, seluruh umat berkumpul di tempat ibadah tri dharma yang ada di Manado, sembahyang menjelang tahun baru, dan tradisinya memang petasan mercon dan lainnya.

Mercon itu, katanya, ada maknanya yang dimengerti umat dan wajib dilaksanakan untuk menyambut hari raya Imlek 2569 Kongzili, sehingga semuanya sehat sejahtera dan berbahagia menyambut tahun baru.

Sementara di tempat ibadah tri dharma Kwan Kong, terlihat berbagai persiapan sudah dilakukan umat, dan silih berganti datang melakukan sembahyang dalam menyambut hari raya tersebut.(*)

#Imlek #Jelang Imlek #Kota Manado
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan