Warga Eks Timor Timur Maafkan BJ Habibie

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 12 September 2019
Warga Eks Timor Timur Maafkan BJ Habibie
Presiden RI Ke-3 BJ Habibie (Foto: habibiecenter.or.id)

Merahputih.com - Mantan Juru Bicara Pro Otonomi, Florencio Mario Vieira, menyatakan sebagai mayoritas beragama Katolik, warga eks Timor Timur pro NKRI yang menetap di Indonesia pasti memaafkan dan mendoakan almarhum BJ Habibie agar hidupnya tenang disisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Keputusan Habibie melaksanakan jajak pendapat di Timur Timur bagi pihak pro kemerdekaan pasti gembira, sedangkan yang pro Indonesia pasti merasa kecewa, tetapi sebagai warga Timur Timur pro NKRI yang menetap di Indonesia pasti memaafkan dan mendoakan almarhum BJ Habibie," kata Flo, sapaan akrabnya, dikutip Antara, Kamis (12/9).

Baca Juga:

Ketua MPR: Indonesia Kehilangan Sosok Negarawan

Hal itu dikatakan Flo terkait wafatnya Presiden RI ketiga BJ Habibie, dan perannya dalam kasus Timor Timur. Peran BJ Habibie sangat penting dalam sejarah Timor Leste melalui keputusannya tentang jajak pendapat 1999 silam

Dia mengatakan, bagi pihak yang pro kemerdekaan pasti gembira dan menyambut keputusan itu, sedangkan yang Pro Indonesia pasti merasa kecewa dan berdampak terhadap ratusan ribu warga yang meninggakan bumi Loro Sae dan tinggal di kamp-kamp pengungsi.

Gelombang pengungsiaan dari Timor Leste menuju wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), usai jajak pendapat di Timtim September 1999. (Dokumentasi ANTARA)

Menurut Flo, selama 20 tahun hidup di luar tanah kelahiran, banyak warga eks Timtim yang memilih bergabung ke NKRI, dan menjadi warga negara Indonesia sudah mulai menerima kenyataan hidup dalam ketidakpastian.

Baca Juga:

Muhammadiyah Sebut Habibie Sebagai Peletak Dasar Demokrasi Indonesia Baru

Dari aspek demokratis, kata Flo, keputusan jajak pendapat layak disebut demokratis, namun momentum pengambilan keputusan kurang tepat.

"Dari aspek demokratis layak, namun momentumnya kurang tepat atau terburu-buru sehingga hasilnya chaos besar-besaran dan berdampak pada banyaknya korban di kedua belah pihak," tutup dia mewakili warga eks Timor Timur itu. (*)

#BJ Habibie #Timor Leste
Bagikan
Bagikan