Warga Solo Rindukan Sosok Jokowi, Gibran Berpeluang Terpilih Gibran (kedua kanan) bersama ayahnya Presiden Jokowi di Solo. (MP/Albi)

MerahPutih.com - Pengamat politik Silvanus Alvin memprediksi Gibran Rakabuming berpeluang sekali terpilih sebagai Wali Kota Solo. Menurut Silvanus, peluang ini tidak lepas dari pengaruh sang ayah Jokowi sebagai presiden.

"Siapa yang tidak kenal Gibran anak Jokowi atau Gibran ayah Jan Ethes. Terlebih dalam beberapa kesempatan, Gibran juga menemani aktivitas politik bersama Jokowi," kata Silvanus dalam keterangannya, Jumat (13/12).

Baca Juga:

Jika Hasil Survei Gibran Bagus, Isu Dinasti Politik Tak Bisa Dihindari

Ia mengatakan, warga Solo masih merindukan sosok Jokowi di sana. Nah, bila Gibran bisa menghadirkan sosok ayahnya maka kemenangan di Solo itu bisa ia kunci.

Gibran Rakabuming bersama istrinya Selvi Ananda dan sang ibu (tengah) Ibu Negara Iriana Widodo, saat mendaftar Pilwalkot Solo. (Foto: MP/Ismail)
https://merahputih.com/media/fc/19/7b/fc197Gibran Rakabuming bersama istrinya Selvi Ananda dan sang ibu (tengah) Ibu Negara Iriana Widodo, saat mendaftar Pilwalkot Solo. (Foto: MP/Ismail)

"Bila melihat data 82 persen warga Solo memilih Jokowi. Tentu Jokowi effect itu juga akan turun kepada anaknya, Gibran," jelas Silvanus.

Silvanus mendesak, sekarang Gibran perlu blusukan keliling solo. Ia pun harus bekerja keras keliling Solo, menyapa, dan berkomunikasi.

"Memahami masalah apa yang ada di Solo. Ini salah satu yang saya maksud dengan menghadirkan sosok Jokowi. Itu berarti Gibran juga perlu less active di perusahaannya," terang dia.

Kemudian, ia juga perlu memberikan solusi khas milenial yang penuh terobosan untuk Kota Solo karena Gibran pun termasuk generasi milenial.

Baca Juga:

Dipuji PDIP sebagai Sosok Milenial, Gibran Tak Bakal Dapat Keistimewaan

Silvanus melihat, peluang Gibran menang sebagai Wali Kota Solo ini juga sudah tercium oleh partai-partai di sana. Oleh sebab itu, PKS, PAN dan PKB mendekat karena kans menang Gibran begitu tinggi.

Gibran Rakabuming Raka bersama relawan menuju ke Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Kamis.(12/12). (MP/Ismail).
Gibran Rakabuming Raka bersama relawan menuju ke Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Kamis.(12/12). (MP/Ismail).

"Dukungan atas partai itu kembali lagi ke Gibran karena ia cukup didukung PDIP untuk maju pilwakot," kata dia.

Silvanus berharap agar ada sosok sepadan yang menjadi penantang Gibran agar masyarakat mendapatkan banyak pilihan.

"Perlu ada kandidat lainnya. Jangan sampai Gibran nanti lawan kotak suara kosong. Masyarakat di Solo pun, saya berpesan, juga harus melihat kampanye maupun pesan politik apa yang ditawarkan Gibran. Jangan karena modal populer saja maka ia dipilih," tutup Direktur Indonesia Popular Survey ini. (Knu)

Baca Juga:

Gibran Resmi Daftar Bakal Cawali di DPD PDIP Jateng, Selvi Doakan Semoga Amanah


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH