Warga Pamulang Terpapar COVID Varian Kraken meski Sudah 3 Kali Vaksin

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 01 Februari 2023
Warga Pamulang Terpapar COVID Varian Kraken meski Sudah 3 Kali Vaksin
Sampel darah pasien COVID-19. (ANTARA)

MerahPutih.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan satu lagi temuan kasus konfirmasi Subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken. Dengan demikian, terdeteksi dua kasus Kraken di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menuturkan, kasus ini diderita seorang perempuan yang berdomisili di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Baca Juga

Cerita Jokowi Sampai Tidak Tidur karena Beratnya Pandemi COVID-19

"Pasien tersebut diketahui berjenis kelamin perempuan berusia 47 tahun, berdomisili di Pamulang," kata Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (1/2).

Menurut Nadia, pasien tersebut terkonfirmasi mengidap Kraken pada 31 Januari 2023 berdasarkan hasil tes PCR dan Whole Genome Sequencing (WGS) di Laboratorium GSI.

Nadia mengungkapkan, pasien tersebut sudah menjalani tiga kali vaksin COVID-19 dan vaksinasi terakhir pada tahun lalu.

"Pasien tersebut sudah tiga kali vaksin, dengan vaksin ketiga pada tanggal 12 Februari 2022," tuturnya.

Baca Juga

Tiongkok Yakin Pandemi COVID-19 Segera Berakhir

Sebelumnya, kasus serupa dialami seorang pelaku perjalanan asal Polandia saat beraktivitas di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 11 Januari 2023.

WNA yang dinyatakan positif varian Kraken tersebut pada 6 Januari 2023 masuk ke Jakarta dan tanggal 7 Januari 2023 terbang ke Balikpapan.

Berdasarkan keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Kraken merupakan hasil persilangan gen dua versi turunan Omicron XBB sebelumnya, yaitu sub-varian BA 2.10.1 dan BA 2.75. Dua sub-varian Omicron ini bisa bertukar gen ketika mereka menginfeksi orang yang sama pada waktu yang sama. (*)

Baca Juga

Antisipasi Penularan COVID-19, GWK Cultural Park Bali Ditutup Kembali

#COVID-19 #Kasus COVID-19 #Kementerian Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan