Warga Pacitan Promosikan Pantai Klayar kepada Warga Tangerang Panggung perayaan HUT COMPACT 2016 dengan latar belakang gambar Pantai Klayar Pacitan di Lapangan Balaraja, Kabupaten Tangerang. (MerahPutih/Wid)

MerahPutih Wisata – Meskipun hidup di tanah urban, jangan sampai melupakan budaya dan kekayaan daerah asal. Itulah yang dipegang oleh paguyuban yang menamakan dirinya Komunitas Pacitan Tangerang (KOMPACT). Dalam usianya yang ke-9 tahun, komunitas ini menggelar perayaan dengan mengusung destinasi wisata daerah Pacitan yaitu Pantai Klayar.

Ketua Paguyuban KOMPACT Edi Sunarto mengungkapkan, Pantai Klayar merupakan salah satu destinasi wisata kebanggan masyarakat Pacitan. Ia juga mengungkapkan, di Pantai Klayar, terdapat pesona dan keunikan pasir putih yang masih alami, terdapat karang raksasa laksana sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera. Secara administratif, Pantai Klayar berada di wilayah Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

“Pantai Klayar ini merupakan salah satu destinasi wisata kebanggan masyarakat Pacitan. Makanya, ini kita angkat dalam momentum Hari Ulang Tahun KOMPACT yang ke-9. Supaya masyarakat di Tangerang ini juga tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, yang salah satunya adalah Pantai Klayar Pacitan,” ungkap Edi Sinarto kepada merahputih.com di sela-sela acara HUT COMPACT ke-9, Lapangan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/10).

Sunarto juga mengaku, sebagai masyarakat urban, ia juga memilik tanggung jawab untuk membangun Kabupaten Tangerang yaitu dengan menginformasikan kekayaan budaya serta obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Tangerang kepada masyarakat di kampung halamannya.

“Ini fungsi sebuah paguyuban, selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai ajang komunikasi untuk saling menukar informasi, baik dari segi sosial, seni budaya, dan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Ini juga yang membuat kita bangga menjadi orang Indonesia,” katanya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Pesona Keindahan Alami Pantai Buyutan Pacitan
  2. Hujan Deras, Kabupaten Pacitan Diterjang Banjir
  3. 5 Wisata Pantai Unggulan di Pacitan
  4. Pesona Keindahan Pantai Pidakan, Pacitan
  5. Ini Pantai Pasir Putih Milik Pacitan Yang Wajib Ada di Daftar Travelling Anda


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH