Warga Nobar Film G30S/PKI saat Malam 1 Suro Warga sedang nonton bareng film G-30S/PKI di depan markas koramil. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Film G30S/PKI mulai diputar tepat pada malam 1 Suro (tahun baru Jawa). Filem ini diputar di Markas Koramil 11, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, tak jauh dari pintu masul Keraton Yogyakarta.

Jajaran Koramil memutar film sekitar pukul 18.00 WIB. Mereka menggelar tikar di depan markas dan mengeluarkan proyektor film. Penonton nampak memenuhi lokasi nobar. Mereka nampak antusias menonton sambil duduk lesehan.

Polisi bersama TNI nampak berjaga-jaga di lokasi nobar bersama linmas warga yang bernama Paksi Katon.

Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti menjelaskan, film yang menceritakan kekejaman PKI ini sengaja diputar untuk memeriahkan prosesi Mubeng Benteng dalam rangka menyambut tahun baru Jawa.

"Ini baru pertama kali diadakan di kecamatan kami. Diputar sambil menunggu prosesi Mubeng Benteng dimulai," ujar Etty.

Pihaknya telah menerjunkan pasukan untuk menjaga pemutaran film. Ia memastikan tak ada penolakan dari warga. Malah, film ini akan diputar kembali di Alun-alun Utara pekan depan.

"Film akan diputar lagi tanggal 30 September di Alun-alun Utara," katanya.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0734/Yogyakarta Letkol (Inf) Rudi Firmansyah mengatakan film diputar mengikuti instruksi dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Film diputar supaya masyarakat tahu sejarah kejahatan PKI. Jangan sampai ada paham PKI lagi di sini," katanya.

Film G30S/PKI berdurasi sekitar 3 jam. Film ini bercerita soal penculikan dan sejumlah petinggi TNI yang dilakulan oleh PKI. Mereka kemudian disiksa hingga tewas di Lubang Buaya Jakarta dan Kentungan Yogyakarta. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ini Kata Ayu Laksmi Tentang Rencana Penayangan Film G30S PKI


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH