Warga Negeri Wakal Maluku Tengah Merayakan Lebaran Hari Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 30 April 2022
Warga Negeri Wakal Maluku Tengah Merayakan Lebaran Hari Ini
Warga Wakal, Jazirah Leihitu, Maluku tengah, sedang bersiap-siap melakukan salat Idul fitri, yang dilaksanakan lebih dulu dari pada umumnya. (ANTARA/HO-Warga)

MerahPutih.com - Pemerintah belum menetapkan tanggal Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal pada Minggu (1/5).

Namun, Warga Muslim di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, sudah berlebaran pada Sabtu (30/4).

Baca Juga

Lapangan Gasibu Kota Bandung Gelar Salat Id

Masyarakat Negeri Wakal melaksanakan Salat Id di Masjid Raya Nurul Awal. Perayaan Lebaran di negeri yang terletak di sebelah utara Pulau Ambon itu lebih cepat meskipun pemerintah belum memutuskan kapan Idul Fitri tahun ini.

"Kita berpuasa 1 Ramadan pada 31 Maret 2022 lalu. Itu berarti kita sudah 30 hari penuh melaksanakan puasa. Hari ini kita rayakan hari kemenangan 1 Syawal 2022 hijriah," kata Raja Wakal, Ahaja Suneth, Sabtu (30/4).

Kendati demikian, lanjut Suneth, tetapi masih ada sebagian warga lainnya yang masih berpuasa mengikuti waktu yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Ada sejumlah warga lain yang belum sholat Id. Kemungkinan besar mereka nanti shalat di masjid negeri-negeri tetangga," ujarnya.

Baca Juga

Mudik Lokal, Pengguna KRL Alami Peningkatan Tajam

Berdasarkan informasi, salat Id di negeri Wakal dimulai pukul 08:00 WIT dan dipimpin imam masjid Wakal, Kasim Tahapary, dengan makmum khatib Ahmad Samal dan Hj Taher Lewaru.

Meski ruangan masjid tidak mampu menampung seluruh jamaah tapi salat Idul Fitri itu berjalan aman dan lancar. Terlihat juga belasan anggota TNI/Polri turun untuk menjaga serta mengamankan jalannya salat tersebut.

Mereka yang tidak berkesempatan mendapatkan tempat di dalam masjid, terpaksa melaksanakan salat beralaskan tikar di ruas jalan raya maupun di halaman masjid.

Diketahui, hal ini telah menjadi adat sebagian negeri di Maluku yang punya tradisi turun-temurun melaksanakan puasa bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri lebih awal.

Menurut mereka, penentuan satu Ramadan di Negeri Wakal bukan hanya asal. Tapi, para tokoh agama telah menghitung jauh-jauh hari sebelumnya. (*)

Baca Juga

Kemenag Imbau Warga DIY Tidak Takbir Keliling

#Salat Id #Idul Fitri #Maluku
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan