Warga Gotong Royong Saling Bantu Keluarga Isolasi Mandiri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 13 Juli 2021
Warga Gotong Royong Saling Bantu Keluarga Isolasi Mandiri
Penanganan COVID-19 di RW 05, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik penuh gotong royong. (Foto: MP/Humas Pemkot Bandung)

MerahPutih.com - Penanganan COVID-19 di RW 05, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik penuh gotong royong. Antar-warga saling membantu terutama bagi mereka yang terpapar COVID-19. Bantuan tersebut mulai dari makanan hingga penanganan kesehatan.

Saat ini, di wilayah RW 05 Kelurahan Cisaranten Endah terdapat 126 warga yang terpapar.

"Alhamdulillah semua warga yang terpapar seluruhnya isolasi mandiri (isoman). Seluruh RT memberi bantuan mulai dari konsumsi dan sebagainya," tutur Ketua RW 05 Kelurahan Cisaranten Endah Agus Budi Laksono, Senin (12/7).

Baca Juga:

Bupati Nina Agustina Pastikan Seluruh Desa Tersedia Ruang Isolasi Mandiri


"Kita berikan yang mereka butuhkan selama isoman agar meningkatkan imun. Warga sekitar juga memerhatikan. Jadi mereka (warga yang terpapar) tidak dikucilkan," imbuh Agus.

Menurutnya, kebersamaan menjadi kunci penanganan COVID-19 di lingkungannya. "Kebersamaan menjadi kunci. Kita berikan edukasi agar pemahaman semakin kuat," tuturnya.

Mengenai kebutuhan alat medis, ia akui terdapat tim kesehatan yang siap melayani. Tenaga-tenaga puskesmas juga siaga membantu.

"Ada tim kesehatan dan dokter yang membantu kita pada masa penanganan. Jika ada kesulitan, kita bantu dan pantau juga," jelasnya.

Untuk berbagai alat kebutuhan kesehatan, Agus mengatakan, masyarakat swadaya menyediakannya.
"Alat itu swadaya semuanya. Ada sumbangan dari warga juga, insyaallah warganya guyub," ujar Agus.

 Ilustrasi  - Vaksinasi COVID-19 di Bandung. (Foto: MP/Humas Bandung)
Ilustrasi - Vaksinasi COVID-19 di Bandung. (Foto: MP/Humas Bandung)

Rasa gotong royong ini juga diakui oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. Ia mengapresiasi kebersamaan tersebut.

"Di balik kejadian apa pun itu selalu ada hikmah. Ternyata saya mendapat pelajaran yang luar biasanya ini. Di RW 05 Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik ini tidak membedakan status profesi, kekompakan luar biasa," tutur Ema.

Ia mengatakan, di wilayah tersebut memiliki nilai demokrasi yang baik. Semuanya dari warga untuk warga.

"Nilai demokrasi terjadi, dari, oleh, dan untuk semuanya swadaya terbangun luar biasa, semua peduli," ujarnya.

Baca Juga:

Pemkot Makassar Bakal Gunakan Kapal Pelni Buat Isolasi Pasien COVID-19

Meskipun RW 05 Kelurahan Cisaranten Endah merupakan terbilang ekonomi menengah ke atas, Ema menilai, rasa guyubnya sangat tinggi.

"Suplai makanan, oksigen pun di sini tidak ada kepanikan. Semua tertangani juga didukung oleh teknologi. Tentunya memudahkan juga aparat pemerintah dan puskesmas setempat, saya cek kordinasinya bagus," beber Ema. Ia menyebut kawasan tersebut menjadi role model bagi wilayah yang lain. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Waspada Gejala Setelah Masa Isolasi COVID-19

#Isolasi Mandiri #COVID-19 #PPKM Darurat #Kota Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan