Warga di 82 Kelurahan yang Dilalui Sungai Ciliwung Diminta Siaga Warga menggunakan perahu buatannya untuk menyusuri jalan perkampungan yang tergenang banjir luapan air Sungai Ciliwung di Cawang, Jakarta, Kamis (20/2). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras

Merahputih.com - Pemprov DKI mengklaim sudah bersiap menghadapi banjir. Warga yang bermukim di bantaran kali Ciliwung diminta waspadai adanya air kiriman.

"Kami minta masyarakat untuk bersiap ada 82 kelurahan yang dilalui sungai Ciliwung yang dimungkinkan nanti terjadi genangan," ujar Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balaikota DKI, Jakarta Pusat Selasa (22/9).

Baca Juga

Hadapi Hujan Ekstrem, Pemprov DKI Kerahkan Petugas dan Pompa Mobile

Untuk menangani banjir tak semakin parah, Politikus Gerindra ini mengimbau masyarakat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah disaluran air ataupun kali.

Hal itu wajib dilakukan agar tidak terjadi penyumbatan aliran air yang mengakibatkan banjir.

Warga berjalan di atas turap di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Senin (16/11). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Warga berjalan di atas turap di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Senin (16/11). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Kita minta masyarakat membantu untuk membersihkan selokan atau tempat lain sehingga aliran air terus bisa mengalir ke sungai dan kita teruskan ke laut," ucap dia.

Saat ini sedang terjadi anomali atau sesuatu yang tidak biasa, di beberapa negara juga sudah terjadi banjir yang disertai badai.

Baca Juga

BMKG Sebut Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Senin Malam hingga Selasa Dini Hari

Anomali di Jakarta itu terlihat dari cepatnya guyuran hujan yang mengakibatkan banjir. Padahal bencana banjir menghantui ibu kota pada akhir tahun sampai awal tahun.

"Terjadi anomali, di beberapa negara ada terjadi banjir disertai badai. Pada percepatan, biasanya banjir di Jakarta terjadi di akhir Desember-Januari hingga sampai Maret, ada percepatan," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropihs


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH