Warga Butuhkan Bansos Saat Hadapi Resesi Ekonomi Penyaluran Bantuan Sosial. (Kemensos).

MerahPutih.com - Bantuan Sosial (Bansos) diharapkan tetap disalurkan kepada masyarakat untuk membantu menjaga daya beli selama pandemi COVID-19. Data menunjukan, pertumbuhan ekonomi kuartal III kemungkinan masih akan terkontraksi sebagaimana di kuartal II 2020.

Hal itu lantaran beberapa stimulus yang digelontorkan seperti subsidi gaji hingga bantuan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) baru dilakukan satu bulan terakhir.

"Kalau sampai resesi pun, bantuan sosial terhadap masyarakat rentan perlu tetap diberikan. Untuk subsidi gaji pun direncanakan hingga 2021," kata Peneliti Center for Indonesia Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan di Jakarta, Senin (14/9).

Baca Juga:

Realisasi Dana Pemulihan Ekonomi Bagi Korporasi Belum Terserap

Ia menuturkan, sepanjang kuartal II 2020, ada tiga sektor yang usaha yang paling besar terkontraksi karena adanya pembatasan pergerakan untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Ketiga sektor itu yakni transportasi dan pergudangan (-29,22 persen), penyedia akomodasi dan makan minum (-22,31 persen) serta jasa lainnya (-15,12 persen).

Pingkan mengatakan, jika upaya Pemprov DKI Jakarta untuk kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bakal menekan laju penyebaran pandemi. Tetapi, akan berdampak pada pola konsumsi yang menurun.

Ilustrasi belanja
Ilustrasi belanja. (Foto: Antara).

"Tapi bisa disiasati juga dengan menggencarkan perekonomian digital agar ekonomi tetap berjalan tanpa meningkatkan resiko terpapar," tutur Pingkan dikutip Kantor Berita Antara.

Pemerintah pada tahun ini, menganggarkan untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional mencapai Rp695,2 triliun. Data per awal September, pos untuk perlindungan sosial sudah terealisasi mencapai 62,8 persen dari pagu Rp203 triliun, kemudian untuk sektoral kementerian dan pemda mencapai 27,8 persen dari pagu Rp106 triliun.

Baca Juga:

Keluarkan Berbagai Kebijakan, OJK Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH