Warga Bandung Berharap BUMN Gelar Mudik Gratis Tiap Tahun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 20 April 2023
Warga Bandung Berharap BUMN Gelar Mudik Gratis Tiap Tahun
warga mudik gratis. (Foto: MP/Imanha)

MerahPutih.com - Sebanyak 1.800 warga mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Pemkot Bandung, Defend ID, dan Bio Farma. Tujuan pemudik mulai dari daerah timur Jawa hingga Lampung, Sumatera.

Dalam program mudik gratis Pemkot Bandung bersama PT Bio Farma Persero diberangkatkan 800 pemudik ke berbagai tujuan di antaranya Yogyakarta dan Wonogiri.

Baca Juga:

Kapolri Ungkap Pemudik Via Stasiun Pasar Senen Melonjak Hingga 20 Ribu Penumpang

Sementara dalam program mudik Pemkot Bandung bersama Defend ID diberangkatkan sebanyak 1.000 warga dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Lampung.

Untuk mudik gratis Pemkot Bandung dan Bio Farma disediakan 15 bus mudik. Terdapat 2 rute keberangkatan yaitu Jalur Selatan yakni Bandung - Yogyakarta dengan rute Majenang - Wangon - Gombong - Kebumen - Purworejo - Terminal Giwangan - Yogyakarta.

Rute kedua, Jalur Utara yakni Bandung - Wonogiri dengan rute Brebes - Tegal - Pemalang - Pekalongan - Batang - Kendal - Semarang - Ungaran - Salatiga, Boyolali - Solo - Sukoharjo - Terminal Giri Adipura - Wonogiri.

Sejumlah warga menyambut antusias mengikuti mudik gratis yang digagas Bio Farma bersama Pemkot Bandung ini. Salah satu peserta mudik gratis yaitu Nanang Suherman (57).

Ia merasa terbantu sekali atas inisiasi Pemkot Bandung dan Bio Farma menggelar Mudik Gratis 2023 itu. Ia bersama keluarga akan mudik ke kampung halamannya di Boyolali.

"Mudik bersama istri, anak dan keluarga tujuan Boyolali. Pelayanannya sangat ramah luar biasa, kita tidak akan kapok," katanya.

Ia berharap, mudik gratis ini terus berlanjut dengan rute yang lebih beragam.

"Mudah-mudahan bisa sampai Surabaya," ujarnya.

Direktur Human Capital PT Bio Farma Persero, Endang Suraningsih mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial dan membantu masyarakat Bandung dan sekitarnya untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Semoga bermanfaat dan betul-betul sesuai dengan tema tahun ini yaitu mudik dinanti, mudik di hati," katanya.

Sebagai informasi, total jumlah pemudik yang diberangkatkan oleh Bio Farma Grup sebanyak 1.230 orang. Secara keseluruhan, pada tahun 2023 BUMN menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Rekomendasi Novel untuk Temani Perjalanan Mudik

#Mudik #BUMN #Lebaran #Ramadan
Bagikan
Bagikan