Relasi
Warga +62 Masih Menunda Putus Walau Hubungan Sudah Toxic Nunda putus meskipun hubungan sudah tidak layak dipertahankan. (Foto: Unsplash/Will O)

MENJALANI suatu hubungan tidak selamanya mudah dan indah seperti yang terlihat. Saat menjalani suatu hubungan, kita dituntut untuk menjadi lebih dewasa, bisa membuat keputusan dan mengetahui mana yang baik dan benar.

Sayangnya, masih banyak yang menjalani hubungan sebelum yakin bahwa mereka siap. Hasilnya, banyak yang terjerumus dalam hubungan yang tidak sehat bahkan bisa disebut toxic. Hubungan tidak sehat ini tidak hanya mempengaruhi kehidupan salah satu pihak, tetapi bisa merugikan kedua belah pihak.

Baca Juga:

Gaslighting Aris Kepada Kinan, Akal-akalan Tukang Selingkuh Menutupi Kebohongannya

Parahnya, ketika sudah sadar sedang menjalani hubungan yang tidak sehat atau toxic malah tidak bisa menyudahi hubungan itu. Aku ialah warga +62 yang berada dalam posisi itu saat ini, serba salah. Ragu untuk putus, tetapi sudah tidak yakin untuk lanjut. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengakhiri suatu hubungan karena pada awalnya semua dijalani atas perasaan sama-sama suka dan sama-sama sayang.

Meskipun tahu hubungan yang sedang dijalani tidak sehat, aku punya rasa takut kalau mengakhiri hubungan ini, nantinya akan sulit untuk mendapatkan pengganti dan berakhir menjadi jomlo.

Meskipun sebenarnya masalah ini tidak terlalu penting, tetapi aku tidak mau jadi bulan-bulanan teman yang memiliki pasangan saat nongkrong. Apalagi hubunganku sudah berjalan cukup lama, aku mulai terbiasa dengan semua rutinitas yang kita lakukan bersama baik yang indah maupun buruk. Oleh karena itu, perasaan takut kehilangan karena sudah terbiasa bersama dalam waktu yang cukup lama mulai terbentuk.

Masih berharap dia bisa berubah. (Foto: Unsplash/Everton Vila)

Mungkin karena aku perempuan, aku menjalankan hubungan lebih banyak menggunakan perasaan dibandingkan logika. Alasan utama aku menunda-nunda sebelum mengakhiri hubungan ini karena masih berharap pasanganku bisa berubah. Sering mendengar dari teman-teman bahwa masih ada harapan bahwa pasangan kita akan berubah saat kita menikah atau berkeluarga. Namun, ada juga yang bilang bahwa kalau sudah menjadi kebiasaan akan sulit berubah.

Di balik harapan agar dia berubah, sebenarnya ada rasa hutang budi. Meskipun dia suka jahat selama ini dia sudah banyak membantu banyak hal. Alasan ini diberikan karena merasa bahwa seburuk-buruknya perlakuannya saat ini, ada saat aku merasa bahagia pada awal hubungan. Tergolong klise dan tidak masuk akal karena semua hubungan toxic biasanya memang diawali dengan perlakuan yang manis.

Baca Juga:

+62 Bicara Yang Tertunda

Beda lagi kalau memang hubungannya sudah masuk ke tahap yang toxic. Alasan kamu enggak bisa putus bisa jadi karena diancam atau bahkan pasanganmu play victim sampai kamu merasa kasihan dan akhirnya tidak tega untuk mengakhiri hubungan.

Nunda-nunda untuk mengakhiri hubungan juga enggak selamanya berasal dari keraguan dalam diri sendiri, ada faktor pihak ketiga yang biasanya bikin kamu sulit untuk mengakhiri hubungan. Misalnya saja seperti pengalaman aku yang sudah terlalu dekat dengan orang tua dia sampai dianggap seperti anak sendiri. Alasan ini jadi pertimbangan terberat sebelum mengakhiri suatu hubungan.

Merasa hutang budi jadi alasan enggak bisa putus (Foto: Unsplash/Clay Banks)

Kalau orang tua dia sudah menanyakan kabar dan mencari tahu kenapa aku sudah jarang ke rumah itu akan jadi beban tersendiri. Belum lagi bimbang harus bilang apa kalau sudah putus. Dilema mau putus sama anaknya tapi enggak tega dengan orang tuanya.

Dari cerita-cerita nunda untuk putus, ada yang dikarenakan hutang piutang. Meminjamkan sejumlah uang untuk pasangan karena kasihan pada awal hubungan bisa jadi kesalahan yang membuat menunda mengambil keputusan lain.

Ragu untuk mengakhiri hubungan karena takutnya kalau putus, nanti akan sulit untuk mendapatkan uang yang dipinjam kembali. Alasan ini akhirnya membuat menunda-nunda untuk mengakhiri hubungan sampai hutang terbayar lunas. (tel)

Baca Juga:

Alasan Warga +62 Menunda Check Out Barang Impian di Marketplace

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tampilan BLACKPINK x Casetify Akhirnya Rilis
Fashion
Tampilan BLACKPINK x Casetify Akhirnya Rilis

Desain dari koleksi ini sangat menarik, dengan sentuhan warna hitam dan pink khas BLACKPINK

Mengunyah Permen Karet Dapat Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur
Fun
Mengunyah Permen Karet Dapat Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Penurunan kelahiran prematur terkoneksi dengan efek gusi pada peningkatan kesehatan mulut.

3 Film Pendek Indonesia Tayang di Europe on Screen 2021
Fun
3 Film Pendek Indonesia Tayang di Europe on Screen 2021

Tiga film pendek ini menang di ajang EoS Short Film Pitching Project 2020.

Tips dari Dokter Kulit untuk Kulit Wajah Lebih Sehat di 2022
Fun
Tips dari Dokter Kulit untuk Kulit Wajah Lebih Sehat di 2022

Jadikan kulit wajah sehat sebagai resolusimu di 2022.

Gaikindo Prediksi Pasar Otomotif Indonesia di 2022 Mendekati Normal
Fun
Gaikindo Prediksi Pasar Otomotif Indonesia di 2022 Mendekati Normal

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 900 ribu unit 2022

NFT akan Masuk Sumber Wajib Pajak
Fun
NFT akan Masuk Sumber Wajib Pajak

Wajib pajak NFT masuk dalam SPT.

Jennifer Hudson Menangi Daytime Emmy
ShowBiz
Jennifer Hudson Menangi Daytime Emmy

Kurang satu penghargaan lagi untuk status EGOT.

‘Eternals’ Raup Rp 1 Triliun di Box Office AS
ShowBiz
‘Eternals’ Raup Rp 1 Triliun di Box Office AS

Eternals sempat ada di posisi satu di sejumlah negara.

Momen di Drama Korea 'Soundtrack #1' Bikin Penonton Baper Maksimal
ShowBiz
Pemeran Drama 'Snowdrop' Kim Mi-soo Meninggal Dunia
ShowBiz