Kesehatan Mental
Waraskan Diri, Ikrarkan Merawat dan Menyayangi Hewan Peliharaan Hewan peliharaan bisa menjaga kesehatan mental kita. (foto: pixabay/pexels)

HEWAN peliharaan layaknya perangkat penting bagi kotak P3K psikologis kita. Mereka merupakan sumber kenyamanan yang luar biasa. Pengalaman memiliki hewan memberi manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Membelai, menggendong, atau memeluk hewan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh kita, yang merupakan zat kimia otak yang menenangkan dan menenangkan. "Sebagai hasil dari perubahan kimiawi positif ini perasaan depresi dan kesepian kita berkurang sementara harga diri dan kebahagiaan kita meningkat," ujar Psikolog Pakar Kesehatan Mental Integratif, Louise B Miller, PhD.

BACA JUGA:
Miller menambahkan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan berfungsi untuk mengurangi tekanan darah, memperlambat detak jantung, menurunkan kadar hormon stres dan kortisol dalam tubuh. "Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri jantung. Ini dapat menyebabkan serangan jantung," jelasnya.
pet
Interaksi dengan hewan peliharaan bagus untuk kesehatan fisik dan psikologis (Sumber: Pexels/ Ruca Souza)
Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan mengurangi gejala depresi, memberikan tujuan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Lansia yang depresi atau kesepian mendapat banyak manfaat dari memiliki hewan peliharaan untuk dirawat dan dicintai. "Itu membuat mereka merasa dibutuhkan sehingga mendorong kepercayaan diri dan harga diri," tuturnya. Hewan peliharaan juga memberikan struktur dan rutinitas untuk kehidupan sehari-hari karena mereka membutuhkan perawatan dan pemberian makan yang teratur.
Hewan peliharaan juga menjadi pemandangan yang akan menyambut kita ketika kami kembali ke rumah setelah hari yang panjang atau penuh tekanan. Anjing, khususnya, sangat senang melihat majikannya saat pemiliknya pergi.
anjing
Anjing peka dengan emosi pemiliknya (Sumber: Pexels/Daria Shevtsova)
Kepemilikan anjing sangat terapeutik. Seekor anjing membutuhkan jalan-jalan setiap hari. Artinya, sang pemilik juga akan mendapatkan udara segar dan berolahraga setiap hari sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berjalan dengan anjing juga mengurangi kemungkinan kita untuk mengisolasi diri. "Saat berjalan-jalan dengan anjing, pemiliknya akab menemukan banyak kesempatan untuk memulai percakapan dengan orang-orang yang mungkin belum pernah ditemui," terangnya. Orang sering berpapasan di jalan tanpa mengucapkan sepatah kata pun tetapi kehadiran anjing bisa menjadi pemicu percakapan yang alami.
Selain itu anjing bisa merasakan saat pemiliknya, keluarganya sedih atau tidak bahagia. Mereka akan sering merespons dengan mendorong dengan kaki atau kepalanya. Atau mereka hanya akan duduk di sisi pemiliknya untuk memberi tahu kamu bahwa mereka ada di sana. "Anak-anak sering kali lebih suka mengungkapkan perasaan mereka kepada hewan peliharaan daripada orang dewasa," terang Miller.
Mahasiswa hukum yang memiliki gangguan kecemasan dan stres sebelum ujian mendapatkan manfaat yang signifikan dari kunjungan anjing terapi ke sekolah mereka. Ia mengatakan banyak sekolah hukum mengizinkan anjing terapi masuk ke kampus mereka untuk mengurangi tekanan ujian di kalangan siswa mereka. "Anjing terapi bersertifikat dibawa oleh pemiliknya, dan siswa diizinkan untuk mengelus anjing dan duduk bersama mereka. Pengalaman melakukan hal itu menawarkan siswa pengalihan yang menyenangkan dari studi mereka dan meredakan tingkat stres, kecemasan, dan ketegangan mereka," urai Miller.
Bukan hanya itu, anjing terapi juga telah menjadi bagian dari program membaca perpustakaan anak-anak dan juga memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang berada di dalam atau yang bekerja di panti jompo, rumah sakit, dan rumah duka.
Hewan apa pun dapat menjadi sumber dukungan sosial. Hanya dengan memiliki makhluk hidup lain yang bisa kamu ajak bicara, beri pelukan, cinta dan yang membutuhkanmu dapat meredakan perasaan stres, kecemasan, dan depresi.
cats
Kucing dan anjing menjadi sumber kenyamanan yang bagus (Sumber: Pexels/Snapwire)
Anjing dan kucing merupakan sumber kenyamanan dan persahabatan yang bagus. Namun, jika kamu alergi terhadap anjing atau kucing atau jika kamu tidak ingin atau tidak mampu memenuhi komitmen untuk memilikinya akuarium adalah pilihan yang sangat baik. Akuarium tidak mahal dan perawatannya relatif rendah. Suara filter juga bisa sangat menenangkan, begitu pula pengalaman menonton ikan saat mereka berenang.
Bahkan hanya dengan menonton ikan berenang di sekitar akuarium bisa menjadi pengalaman yang menenangkan dan membuat rileks bagi kita semua.(Avia)
BACA JUGA:
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Akibat Pandemi, Resor Mewah Ini Ubah Kolam Renang Jadi Peternakan Ikan
Fun
Akibat Pandemi, Resor Mewah Ini Ubah Kolam Renang Jadi Peternakan Ikan

Resor ini akan segera memanen ikan untuk mendapatkan penghasilan.

5 Destinasi Paling Berbahaya di Dunia, Pikir-pikir Dulu Sebelum Mampir
Fun
Pantai Ini Bersiap Menerapkan 'New Normal'
Fun
Pantai Ini Bersiap Menerapkan 'New Normal'

Seperti apa cara berkunjung ke pantai ini saat fase new normal?

Belajar Memotret dengan Sempurna di Kelas Fotografi Virtual Nikon
Fun
Belajar Memotret dengan Sempurna di Kelas Fotografi Virtual Nikon

Kelas virtual gratis ini mulai tersedia sejak 23 November sampai akhir tahun 2020.

Sepi Iklan, Google Batalkan Perekrutan 2.000 Pekerja Kontrak
Fun
Sepi Iklan, Google Batalkan Perekrutan 2.000 Pekerja Kontrak

Perusahaan sekaliber Google juga mengalami dampak dari pandemi Corona.

Catastrophic Thinking, Kebiasaan Memprediksi Hal-Hal Buruk
Hiburan & Gaya Hidup
Catastrophic Thinking, Kebiasaan Memprediksi Hal-Hal Buruk

Bisa meningkatkan kecemasan seseorang.

Memaknai Arti Keluarga Bersama SOS Children's Villages Indonesia
Fun
Memaknai Arti Keluarga Bersama SOS Children's Villages Indonesia

Lingkungan keluarga merupakan pondasi kehidupan bagi setiap individu.

Cara Sederhana Menyimpan Barang di Ruang Sempit
Fun
Cara Sederhana Menyimpan Barang di Ruang Sempit

Tidak usah khawatir bila punya space yang sempit di rumah, ada beragam cara yang bisa kamu lalukan

Meghan Markle Investasi di Bisnis Kesehatan
ShowBiz
Meghan Markle Investasi di Bisnis Kesehatan

Dia berinvestasi di sebuah perusahaan kesehatan para perempuan bernama Clevr Blends.