Kesehatan Mental
Waraskan Diri, Ikrarkan Merawat dan Menyayangi Hewan Peliharaan Hewan peliharaan bisa menjaga kesehatan mental kita. (foto: pixabay/pexels)

HEWAN peliharaan layaknya perangkat penting bagi kotak P3K psikologis kita. Mereka merupakan sumber kenyamanan yang luar biasa. Pengalaman memiliki hewan memberi manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Membelai, menggendong, atau memeluk hewan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh kita, yang merupakan zat kimia otak yang menenangkan dan menenangkan. "Sebagai hasil dari perubahan kimiawi positif ini perasaan depresi dan kesepian kita berkurang sementara harga diri dan kebahagiaan kita meningkat," ujar Psikolog Pakar Kesehatan Mental Integratif, Louise B Miller, PhD.

BACA JUGA:
Miller menambahkan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan berfungsi untuk mengurangi tekanan darah, memperlambat detak jantung, menurunkan kadar hormon stres dan kortisol dalam tubuh. "Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri jantung. Ini dapat menyebabkan serangan jantung," jelasnya.
pet
Interaksi dengan hewan peliharaan bagus untuk kesehatan fisik dan psikologis (Sumber: Pexels/ Ruca Souza)
Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan mengurangi gejala depresi, memberikan tujuan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Lansia yang depresi atau kesepian mendapat banyak manfaat dari memiliki hewan peliharaan untuk dirawat dan dicintai. "Itu membuat mereka merasa dibutuhkan sehingga mendorong kepercayaan diri dan harga diri," tuturnya. Hewan peliharaan juga memberikan struktur dan rutinitas untuk kehidupan sehari-hari karena mereka membutuhkan perawatan dan pemberian makan yang teratur.
Hewan peliharaan juga menjadi pemandangan yang akan menyambut kita ketika kami kembali ke rumah setelah hari yang panjang atau penuh tekanan. Anjing, khususnya, sangat senang melihat majikannya saat pemiliknya pergi.
anjing
Anjing peka dengan emosi pemiliknya (Sumber: Pexels/Daria Shevtsova)
Kepemilikan anjing sangat terapeutik. Seekor anjing membutuhkan jalan-jalan setiap hari. Artinya, sang pemilik juga akan mendapatkan udara segar dan berolahraga setiap hari sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berjalan dengan anjing juga mengurangi kemungkinan kita untuk mengisolasi diri. "Saat berjalan-jalan dengan anjing, pemiliknya akab menemukan banyak kesempatan untuk memulai percakapan dengan orang-orang yang mungkin belum pernah ditemui," terangnya. Orang sering berpapasan di jalan tanpa mengucapkan sepatah kata pun tetapi kehadiran anjing bisa menjadi pemicu percakapan yang alami.
Selain itu anjing bisa merasakan saat pemiliknya, keluarganya sedih atau tidak bahagia. Mereka akan sering merespons dengan mendorong dengan kaki atau kepalanya. Atau mereka hanya akan duduk di sisi pemiliknya untuk memberi tahu kamu bahwa mereka ada di sana. "Anak-anak sering kali lebih suka mengungkapkan perasaan mereka kepada hewan peliharaan daripada orang dewasa," terang Miller.
Mahasiswa hukum yang memiliki gangguan kecemasan dan stres sebelum ujian mendapatkan manfaat yang signifikan dari kunjungan anjing terapi ke sekolah mereka. Ia mengatakan banyak sekolah hukum mengizinkan anjing terapi masuk ke kampus mereka untuk mengurangi tekanan ujian di kalangan siswa mereka. "Anjing terapi bersertifikat dibawa oleh pemiliknya, dan siswa diizinkan untuk mengelus anjing dan duduk bersama mereka. Pengalaman melakukan hal itu menawarkan siswa pengalihan yang menyenangkan dari studi mereka dan meredakan tingkat stres, kecemasan, dan ketegangan mereka," urai Miller.
Bukan hanya itu, anjing terapi juga telah menjadi bagian dari program membaca perpustakaan anak-anak dan juga memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang berada di dalam atau yang bekerja di panti jompo, rumah sakit, dan rumah duka.
Hewan apa pun dapat menjadi sumber dukungan sosial. Hanya dengan memiliki makhluk hidup lain yang bisa kamu ajak bicara, beri pelukan, cinta dan yang membutuhkanmu dapat meredakan perasaan stres, kecemasan, dan depresi.
cats
Kucing dan anjing menjadi sumber kenyamanan yang bagus (Sumber: Pexels/Snapwire)
Anjing dan kucing merupakan sumber kenyamanan dan persahabatan yang bagus. Namun, jika kamu alergi terhadap anjing atau kucing atau jika kamu tidak ingin atau tidak mampu memenuhi komitmen untuk memilikinya akuarium adalah pilihan yang sangat baik. Akuarium tidak mahal dan perawatannya relatif rendah. Suara filter juga bisa sangat menenangkan, begitu pula pengalaman menonton ikan saat mereka berenang.
Bahkan hanya dengan menonton ikan berenang di sekitar akuarium bisa menjadi pengalaman yang menenangkan dan membuat rileks bagi kita semua.(Avia)
BACA JUGA:
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Ratusan Juta Rupiah
Fun
Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Ratusan Juta Rupiah

Entah karena pilihan pakaiannya yang jauh dari kata mewah atau posisi duduknya yang dianggap lucu, gambar tersebut langsung viral di media sosial.

3 Fakta Fenomenal The Beatles yang Wajib Kamu Ketahui
ShowBiz
Buka Suara Soal Kakaknya, Jamie Lynn Spears dapat Ancaman Pembunuhan
ShowBiz
Lagi, BTS Cetak Rekor YouTube dan Spotify Baru
ShowBiz
Lagi, BTS Cetak Rekor YouTube dan Spotify Baru

Ketika dirilis, video musik resmi Butter menetapkan rekor baru sepanjang masa untuk premiere video musik YouTube

4 Makeup ini Pantang Dipinjamkan
Fashion
4 Makeup ini Pantang Dipinjamkan

Dapat menyebarkan infeksi kulit hingga menyebabkan penyakit seperti herpes dan blood-borne seperti HIV.

Seorang Penyelam Asal Massachusetts Dilahap oleh Paus Bungkuk Seberat 27 Ton
Fun
Pembunuh Berantai Twitter, Takahiro Shiraishi Dihukum Mati di Jepang
Fun
Pembunuh Berantai Twitter, Takahiro Shiraishi Dihukum Mati di Jepang

Takahiro Shiraishi yang dijuluki Pembunuh Berantai Twitter ditangkap pada 2017

4 Penampilan Selebriti di Red Carpet Oscar 2021 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
ShowBiz
4 Penampilan Selebriti di Red Carpet Oscar 2021 yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Gaya rambut menjadi aspek yang menonjol pada penampilan segelintir aktris ini

Deretan Manfaat Mandi Oatmeal yang Jarang Diketahui
Fun
Deretan Manfaat Mandi Oatmeal yang Jarang Diketahui

Selain bisa disantap, rupanya oatmeal juga bisa digunakan untuk mandi dan memiliki banyak manfaat

Brian May Siapkan Materi Baru Queen Bersama Adam Lambert?
ShowBiz
Brian May Siapkan Materi Baru Queen Bersama Adam Lambert?

Brian May dan Roger Taylor selama ini tetap bermain dengan nama Queen, dengan tampil bersama penyanyi Adam Lambert.