Wapres Tiongkok Kunjungi di Kampung Jokowi, Taj Yasin: Jateng Terbuka untuk Investasi Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Qishan mengikuti jamuan makan malam di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10).(MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Qishan mengunjungi kampung Jokowi, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10).

Kunjungan Wapres RRT sendiri ke Indonesia untuk menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, Minggu (20/10).

Baca Juga:

Wapres Tiongkok Bakal Hadir Langsung Saat Pelantikan Jokowi, Ada Apa?

Sebelum berkunjung ke Solo, rombongan Wapres RRT mengunjungi Museum Purbakala Sangiran di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Kemudian berkunjung ke Bendung Karet Tirtonadi, Solo dan berakhir dengan santap malam di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Wapres Tiongkok Wang Qishan di Rumah Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo
Wapres Tiongkok saat menghadiri jamuan makan malam di Loji Gandrung, Solo (MP/Ismail)

Pantauan merahputih.com, rombongan Wapres RRT sendiri tiba di rumah dinas sekitar pukul 18.45 WIB dan disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Rombongan Pejabat RRT dihibur pertunjukan Tari Gambyong Retno Kusuma dari Akademi Tari Mangkunegaran.

Wagub Jateng, Taj Yasin memperkenalkan Solo sebagai kampung halaman Presiden Jokowi, dimana ia pernah mengabdikan diri sebagai wali kota pada 2005-2010 dan 2010-2012 sebelum maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Kota Solo masuk bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Provinsi yang berada paling tengah di Pulau Jawa dan terdiri dari 35 kota/kabupaten," kata dia.

Wapres Tiongkok saat di Solo
Wapres Tiongkok Wang Qashin bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

Politisi PPP ini mengungkapkan hampir semua kabupaten/kota di Jateng punya potensi besar. Tak kalah penting adalah Jawa Tengah memiliki kawasan Pecinan yang merupakan salah satu bukti bahwa Jateng menerima dengan baik warga Tiongkok.

"Kami sangat terbuka bagi Tiongkok yang mau berinvestasi ke Jateng. Pertemuan ini diharapkan bisa menjadi pintu masuk kerjasama baik antara kedua belah pihak," ujar Taj Yasin.

Baca Juga:

Tak Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Presiden Tiongkok Utus Wang Qishan

Taj Yasin juga memaparkan potensi di Jateng pada Wapres RRT, yakni berupa industri, wisata, dan pertumbuhan ekonomi. Ia berharap potensi di Jateng ini bisa dikabarkan warga Tiongkok agar berbondong-bondong berinvestasi ke Jateng.

"Kami berharap di kesempatan lain Wapres RRT bisa tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan dan kebudayaan yang ada di Jateng," tutup dia.

Sementara itu, Wapres Tiongkok Wang Qishan tak berkenan memberikan pernyataan pada media terkait maksud dan tujuan kunjungan kerja di wilayah Solo dan Sragen, Jawa Tengah.(*)

Baca Juga:

Di Tiongkok, Indonesia Masuk Tiga Besar Tujuan Wisata Kelas Atas



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH