Wapres Ma'ruf Ingin Jadikan Booster Syarat Mudik Lebaran 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 22 Maret 2022
Wapres Ma'ruf Ingin Jadikan Booster Syarat Mudik Lebaran 2022
Tangkap layar pernyataan pers Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Bandung, Jawa Barat pada Selasa (22/03/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

MerahPutih.com - Pemerintah mengisyaratkan untuk mengizinkan masyarakat mudik saat perayaan Idul Fitri tahun ini.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin ingin menjadikan vaksin booster sebagai syarat kepada masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran 2022. Hal itu dilakukan untuk menggenjot vaksinasi mencapai target di Tanah Air.

Baca Juga

Masyarakat Boleh Mudik Asal Sudah 2 Kali Vaksin dan Booster

“Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat, kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi telah lengkap, dua kali, juga harus sudah dibooster,” ucap Wapres Mar'ruf usai meluncurkan digitalisasi pertanian di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/3).

Ma'ruf menjelaskan dengan adanya kebijakan tersebut maka masyarakat yang ingin pulang kampung saat Lebaran tidak perlu lagi melakukan PCR atau antigen.

Baca Juga

Gibran Ogah Tanggapi Rumor Pernikahan Tantenya Muluskan Isu Jokowi Tiga Periode

Di kesempatan yang sama, menurut Wapres, dengan mulai terkendalinya COVID-19, maka ibadah pada bulan Ramadan akan dilonggarkan. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah membuat fatwa tentang ibadah saat bulan puasa nanti.

“Saya kira karena pandemi karena ini sudah mulai turun, anggap sudah hampir terkendali dan semua sudah dibuka bahkan sudah tidak lagi ada karantina,” tuturnya.

Maka tempat ibadah pun sudah dimulai berikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari Majelis ulama untuk bisa menyelenggarakan dengan seperti biasa.

Meski begitu, Wapres menegaskan, agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan (prokes) mengingat pandemi belum berakhir. Masyarakat harus selalu menggunakan masker dan mencuci tangan.

“Ini vaksinasi menjadi penting karena untuk kekebalan komoditas itu kan salah satu faktor pentingnya yaitu vaksinasi. Kemudian yang lansia akan terus didorong,” tutupnya. (Knu)

Baca Juga

Jokowi Ungkap Alasan Indonesia Tak Pernah Terapkan Lockdown

#Wapres Ma'ruf Amin #Mudik #Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan