Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mendampingi Wapres Ma'ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jl. Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar)

MerahPutih.com - Setelah sempat tertunda, Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jalan Japati, Bandung, akhirnya diresmikan, Sabtu (4/12). Sebelumnya, monumen tersebut akan diresmikan bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November lalu. Tetapi, peresmian kemudian diundur dan baru bisa dilakukan hari ini.

Peresmian dilakukan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat saya resmikan. Semoga Allah SWT memberikan inayah-Nya dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan," kata Wapres.

Usai peresmian tersebut, Wapres RI menyempatkan diri meninjau monumen dan berbincang dengan keluarga pahlawan COVID-19. Perbincangan diselimuti suasana haru.

Baca Juga:

Segini Anggaran Pembangunan Monumen COVID-19 di Bandung

Keluarga pahlawan COVID-19 mencurahkan kesedihannya setelah ditinggal orang terkasih dan terdekat. Suasana haru semakin terasa karena peresmian Monumen Pahlawan COVID-19 Jabar berlangsung di bawah rintik hujan.

Wapres mengatakan, Monumen Pahlawan COVID-19 adalah pengingat bahwa bangsa Indonesia pernah melewati ujian besar. Pemerintah dan masyarakat Indonesia menghadapi ujian itu dengan saling percaya.

Karena itu, pemerintah menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengorbanan, kerja keras, dan kolaborasi semua pihak dalam menghadapi pandemi COVID-19. Terutama para pejuang di garda depan yang rela lelah dan berpeluh demi keselamatan bangsa.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya para syuhada di seluruh Indonesia yang gugur karena COVID-19, semoga amal baiknya diterima di sisi Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa. Hari ini kita berkumpul di sini untuk mengenang dan menghormati mereka," ucap Wapres RI.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Monumen Pahlawan COVID-19 merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur akibat COVID-19. Termasuk di dalamnya adalah dokter, tenaga kesehatan, dan relawan, baik dari masyarakat umum maupun aparatur sipil negara (ASN) di Jabar.

Dalam perjalanannya, Jabar kehilangan sekitar 200-an putra-putri terbaik yang berjuang tanpa lelah menyelamatkan nyawa orang-orang. Selain itu, Jabar juga kehilangan 14.000-an masyarakat yang berpulang karena COVID-19.

Atas dasar itu, Monumen Pahlawan COVID-19 didedikasikan sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang gugur. Para pahlawan COVID-19 ini rela berkorban agar generasi yang masih hidup saat ini memiliki masa depan.

"Mereka berpulang agar kita tetap bisa menang, mereka luruh agar kita tetap bisa tumbuh, mereka gugur agar kita tetap bisa bertutur, mereka berkorban agar kita tetap punya masa depan," kata Kang Emil.

Baca Juga:

Tanggapi Penolakan Monumen COVID-19, Ridwan Kamil: Apa Alasannya?

"Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat ini adalah mereka. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya," imbuhnya.

Menurutnya, para pahlawan COVID-19 rela bekerja melebihi waktu yang biasanya dan mengesampingkan kepentingan pribadinya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang gugur di taman bakti dan rela terluka di medan bukti.

"Mereka setiap detik bekerja menyelamatkan nyawa, mereka setiap menit berikhtiar menyembuhkan sakitnya raga mereka, mereka setiap jam memberikan penghargaan bagi sesama, mereka setiap hari berpeluh kerja tanpa jeda," ucapnya.

"Karenannya momen ini hadir sebagai rasa terima kasih kita kepada mereka. Kepada mereka yang pengorbanannya teramat mulia," tambahnya.

Dengan adanya monumen pahlawan ini, jasa para tenaga kesehatan, dan relawan yang gugur akibat COVID-19 akan terus hidup di tengah masyarakat. Monumen tersebut diharapkan bisa menjadi simbol kekuatan masyarakat Jabar.

"Mereka selalu ada dalam doa-doa kita. Mereka selalu ada dalam memori bangsa. Nama mereka akan abadi dalam dinding yang sederhana ini namun mulia," katanya.

Dalam acara tersebut, dilakukan juga penyerahan beasiswa kepada para keluarga yang ditinggalkan oleh mereka yang gugur akibat COVID-19. Penyerahan beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Pemda Provinsi Jabar dan Indonesia Pasti Bisa.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), wali kota dan bupati di Jabar. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Cerita Keluarga Nakes tentang Monumen Pejuang COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Survei CSIS: Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Risma Berpotensi Gantikan Anies di Pilkada DKI
Indonesia
Survei CSIS: Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Risma Berpotensi Gantikan Anies di Pilkada DKI

Berdasarkan hasil survei lembaga Centre for Strategic and International Studies (CSIS) terdapat tiga nama teratas yang layak menggantikan Anies Baswedan.

Indonesia Kembali Kedatangan Jutaan Dosis Vaksin Pfizer Hibah Amerika
Indonesia
Indonesia Kembali Kedatangan Jutaan Dosis Vaksin Pfizer Hibah Amerika

Indonesia kembali kedatangan jutaan dosis vaksin jadi COVID-19 buatan Pfizer.

Tiba di Gedung KPK, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Bungkam
Indonesia
Tiba di Gedung KPK, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Bungkam

Bupati Bekasi Rahmat Effendi memilih bungkam saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/1) malam.

Syarat Tes PCR atau Antigen Dihapus, Riza: Kita Akan Masuk Endemi
Indonesia
Syarat Tes PCR atau Antigen Dihapus, Riza: Kita Akan Masuk Endemi

Riza tak menjelaskan secara detail kesiapan DKI menghadapi perubahan menjadi endemi.

[HOAKS atau FAKTA] Sebabkan Kemandulan, WHO Larang Wanita Konsumsi Alkohol
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA] Sebabkan Kemandulan, WHO Larang Wanita Konsumsi Alkohol

Dalam artikelnya disebutkan bahwa Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan kampanye ini untuk mencegah terjadinya risiko kehamilan atau kemandulan bagi wanita.

Pembangunan IKN Gunakan APBN, Kepala Otoritas Klaim Bangun Kepercayaan Pasar
Indonesia
Pembangunan IKN Gunakan APBN, Kepala Otoritas Klaim Bangun Kepercayaan Pasar

Penggunaan APBN dalam pembangunan IKN dilakukan guna membangun kepercayaan pasar.

Subsidi dan Kompensasi Energi di 2023 Turun 33 Persen
Indonesia
Subsidi dan Kompensasi Energi di 2023 Turun 33 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, alokasi anggaran untuk subsidi dan kompensasi energi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 sebesar Rp 336,7 triliun atau turun 33 persen dari outlook 2022 sebesar Rp 502,4 triliun.

Pemecatan Ferdy Sambo Jadi Pintu Masuk Jerat Pihak Lain
Indonesia
Pemecatan Ferdy Sambo Jadi Pintu Masuk Jerat Pihak Lain

Putusan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS).

BAKTI Kominfo Bangun 7.904 BTS 4G di Wilayah 3T
Indonesia
BAKTI Kominfo Bangun 7.904 BTS 4G di Wilayah 3T

Ada dua operator layanan seluler yang nantinya ditugaskan menyediakan layanan 4G di wilayah 3T yaitu PT Telekomunikasi Seluler dan PT XL Axiata dengan jumlah cakupan untuk keduanya harus melayani 7.904 titik BTS (Base Transceiver Station) yang telah dibangun oleh BAKTI Kominfo.

Bawaslu Gandeng Polri Susun Indeks Kerawanan Pemilu 2024
Indonesia
Bawaslu Gandeng Polri Susun Indeks Kerawanan Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024 mendatang.