Wapres Jusuf Kalla: Pemerintah Segera Merehabilitasi Dampak Gempa NTB Korban gempa Lombok Timur. Foto: Mora NTB

MerahPutih.Com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan bela sungkawa yang mendalam atas adanya korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kepada korban bencana alam gempa di NTB khususnya di Lombok Utara, semoga arwahnya diterim Allah SWT," kata Jusuf Kalla saat ditemui di Kantor MUI Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/8).

Kalla mengatakan, pemerintah akan segera melakukan langkah-langkah penanggulangan pasca bencana termasuk mengirimkan kebutuhan dasar warga yang terdampak.

Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla. (Facebook/MUH. JUSUF KALLA)

"Pemerintah berjanji untuk segera merehabilitasi semua dampak bencana, tetapi terlebih dahulu ada tanggap darurat pertama mungkin dua, tiga minggu," ujarnya.

Terkait hal itu, kata wapres yang disapa Pak JK, pemerintah akan melibatkan seluruh instansi, baik internal maupun eksternal untuk segera memulihkan kondisi di lokasi.

"PMI juga aktif di sana, banyak sekali menolong orang evakuasi, mendirikan pos-pos kesehatan PMI dan juga kita kirim saya berbicara dengan Pak Gubernur tadi siang kebutuhan dasarnya antara lain air, jadi kita kirim tangki air ke sana," cetus Jusuf Kalla.

Kerusakan akibat gempa Lombok
Kerusakan akibat gempa Lombok Timur. Foto: Mora NTB

Wapres JK mengaku ingin segera berkunjung ke NTB dalam waktu dekat ini. Dia ingin memastikan penanggulangan dampak gempa berjalan lancar.

"Tentu presiden dulu yang biasanya ke sana. Nanti insya allah pada saat rehabilitasi. Yang paling penting saat ini, tanggap darurat, habis itu rehabilitasi kemudian rekonstruksi. Kerena menurut gubernur tadi pagi, di sekitar lombok utara itu 70 persen bangunan rusak," pungkasnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter mengguncang Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8) malam.

Akibat getaran bumi itu, dilaporkan sekitar 91 orang meninggal dunia dan banyak bangunan rusak berat.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: MUI: Umat Islam Jangan Terjebak dalam Pandangan Dikotomis dan Saling Menyalahkan

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH