Wapres JK Suruh Jokowi dan Tim Lihat YouTube Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. (Foto: Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Jusuf Kalla (JK), tidak bisa hadir memberikan pelatihan debat kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf jelang debat perdana pada Kamis (17/1), namun tetap memberikan saran dari jauh.

Wakil Presiden JK yang sedang berada di Kamboja itu menyarankan Jokowi dan tim belajar dari kanal berbagi video YouTube tentang jalannya pelaksanaan debat capres dalam pilpres sebelumnya.

JK
Wapres JK. (Facebook/Jusuf Kalla)

"Saya tidak ikut (memberikan pelatihan) karena ada di sini (Kamboja), dan saya kira sudah banyak ahli-ahli. Saya bilang, lihat saja di Youtube itu debat-debat (pilpres) yang lalu bagaimana. Mereka (tim) sudah buka itu, dan semua ada bagaimana caranya debat," kata JK, di sela-sela kunjungan kerja di Siem Reap, Kamboja, dikutip dari Antara.

JK juga menekankan Jokowi dan Ma'ruf Amin jangan sampai melakukan kesalahan seperti yang pernah dilakukan cawapres Hatta Rajasa pada debat Pilpres 2014. Hatta saat itu keliru menyebut Adipura dengan Kalpataru.

"Dibutuhkan kemampuan pengetahuan umum, jangan salah sebut Adipura dengan Kalpataru. Bukan salah ngomong saja, tapi salah pengertian," tandas tokoh senior Golkar itu.

Debat pilpres perdana akan diselenggarakan pada Kamis (17/1) malam nanti. Acara debat digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, dengan mengusung tema hukum, hak asasi manusia, korupsi dan terorisme. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH