Wapres JK Minta Pelatnas Asian Games Mulai Oktober

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 04 Oktober 2017
Wapres JK Minta Pelatnas Asian Games Mulai Oktober
Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kiri) mendengarkan penjelasan Ketua INASGOC Erick Thohir (kiri) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/10). (Antara/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Asian Games 2018 akan dilangsungkan 18 Agustus 2018 – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Pengarah Asian Games meminta pemusatan pelatihan atlet-atlet nasional (pelatnas) dimulai pada Oktober 2017 tanpa menunggu perintah dari pemerintah.

"Pelatnas itu tidak perlu pakai perintah, itu tugas cabang olahraga sendiri untuk melaksanakan yang terbaik. Kami kasih target kepada cabang olahraga dan mereka membuat perencanaan dengan Satlak Prima atau KONI," kata Wapres Jusuf Kalla di sela-sela kunjungan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

Wapres mengatakan proses latihan para atlet nasional yang akan berlaga dalam Asian Games 2018 bukan hanya dimulai pada Oktober melainkan latihan berkelanjutan sebelum SEA Games 2017.

"Mereka latihan terus-menerus dan bukan hanya 10 bulan jelang Asian Games. Atlet-atlet itu juga sudah latihan berapa tahun untuk itu. Mereka latihan untuk SEA Games dan itu juga termasuk hasilnya nanti untuk Asian Games dan Olimpiade," ujar Wapres.

Sementara itu Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto yang juga menemani kunjungan Wapres Jusuf Kalla bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljo, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir, dan Direktur Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto, di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, mengatakan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) telah mengedarkan surat terkait pelatnas kepada pengurus cabang-cabang olahraga pada akhir September.

"Ada beberapa cabang olahraga yang merasa mereka tidak tahu apakah termasuk dalam kelanjutan pelatnas atau tidak. Itu hanya masalah komunikasi dan kami sudah minta kepada Prima untuk perbaiki komunikasi," ujar Gatot yang menegaskan pelatnas telah dimulai pada 1 Oktober.

Kemenpora, lanjut Gatot, telah menghitung bersih masa pelatnas jelang Asian Games hanya tersisa enam bulan menyusul libur-libur nasional pada Desember 2017 dan Juni 2018. Gatot menambahkan pelatnas jelang Asian Games akan melibatkan 23 cabang olahraga sebagaimana laporan Satlak Prima kepada Menpora Imam Nahrawi. (*)

Sumber: Antara

#Jusuf Kalla #Asian Games 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan