Wanda Hamidah Tengah Sibuk di Ambon, Ada Apa? Wanda Hamidah (Foto: Instagram/ratuvictoria)

SELAIN alamnya yang indah, Ambon juga menyimpan potensi seni, dari musik, tari, vokal, patung, hingga peran. Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) '56 melihat potensi tersebut dan ingin meningkatkan geliat industri seni, khususnya perfilman di kota Ambon. Sebagai bagian dari upaya itu, PARFI '56 akan membentuk cabangnya di Ambon.

Terkait hal itu, PARFI '56 terlibat aktif dalam pelaksanaan Festival Jembatan Merah Putih (FJMP), khususnya untuk talk show dan "Nonton Bareng Film Indonesia". Acara ini akan berlangsung pada 19 Agustus 2017 mendatang dan dipusatkan di Universitas Pattimura. Kegiatan itu sendiri akan menghadirkan narasumber dari PARFI '56, Kadin Indonesia, akademisi, sutradara, dan artis Indonesia.

Menurut Wanda Hamidah, Wakil Sekjen I PARFI '56, potensi Ambon di bidang entertainment tidak diragukan lagi, baik tingkat nasional maupun internasional. Hadirnya PARFI '56 di Ambon tentunya akan membantu meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) lainnya di Maluku untuk bidang industri hiburan.

"PARFI '56 akan ada di Maluku, di ibu kotanya. Kami sedang menyusun kepengurusan untuk persiapan dan setelah itu pelantikan juga," ujar Wanda Hamidah di Ambon, Jumat (11/8).

Segera setelah PARFI '56 terbentuk di Maluku, berbagai program terkait pembangunan SDM bidang seni peran akan dilaksanakan. Salah satu programnya, yaitu lokakarya tentang film dan seni peran, yang menghadirkan pelatih-pelatih berkompeten dari Jakarta.

"Kami ingin manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam membangun seni peran. Ke depannya, talk show yang akan kita adakan bukan untuk mahasiswa saja, tapi juga masyarakat umum," kata Wanda.

Ia menambahkan, sejalan dengan program pemerintah untuk membangun dari timur, PARFI '56 secara khusus ingin geliat perfilman juga sampai ke kawasan timur Tanah Air. Dengan demikian, masyarakat di sana tidak hanya menjadi penikmat film tapi juga bisa berkontribusi dan mejadi pelaku dalam industri tersebut.

Wah, pastinya akan menarik melihat wajah-wajah baru dari timur Indonesia di dunia perfilman, ya Sahabat MerahPutih? (*)

Sumber: ANTARA

Baca juga artikel lainnya seputar dunia seni di sini: Didik Nini Thowok: Tarian Tradisional, Perekat Persatuan Bangsa.



Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE