Wamenkes Tegaskan Vaksinasi Menjamin Angka Kematian Akibat COVID-19 Turun

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 06 September 2021
Wamenkes Tegaskan Vaksinasi Menjamin Angka Kematian Akibat COVID-19 Turun
Salah seorang nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 saat memasuki Ruang IGD RS Prisillia Medical Center, Sampang, Kabupaten Cilacap, Selasa (25/5), untuk menjalani isolasi terpusat di rumah sakit

Merahputih.com - Program vaksinasi menjadi sangat penting dalam penanganan pandemi COVID-19.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes), 94 persen pasien COVID-19 yang meninggal di rumah sakit belum divaksin.

“Vaksinasi ini menjadi suatu gerakan penting untuk menjamin bahwa angka kematian akan menurun pada mereka yang terkena COVID-19,” kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono pada acara peresmian Sentra Vaksinasi Kampus UI Salemba, Senin (6/9).

Baca Juga

Perilaku Satgas COVID-19 Kota Bogor Buat Rizieq Shibab Jengkel

Untuk mencapai target 2,3 juta per hari, Dante menuturkan, program vaksinasi ini bukan program eksklusif dari Kemkes.

Melainkan juga melibatkan pihak lain seperti alumni, institusi, swasta, industri, organisasi sosial, dan TNI/Polri sehingga kegiatan vaksinasi dapat dilakukan percepatan.

"Herd immunity (kekebalan kelompok) adalah kalau sebagian besar masyarakat di Indonesia itu bisa divaksinasi," kata Dante.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat memberikan pemaparan terkait laporan kasus COVID-19 kepada Komisi IX DPRI di Jakarta, Kamis (27/5/2021). (ANTARA/Andi Firdaus).

Menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Minggu (5/9) jumlah warga Indonesia yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin COVID-19 sebanyak 38.223.153 orang. Angka ini bertambah 192.501 orang dari hari sebelumnya.

Baca Juga

Kendalikan COVID-19, Jalan Ring 1 dan 2 Bandung Masih Terapkan Jam Malam

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi COVID-19 pada 208.265.720 warga guna mewujudkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

Selain vaksinasi, Dante mengemukakan, pilar penting dalam upaya penanggulangan COVID-19 mencakup penggiatan pemeriksaan dan pelacakan orang-orang yang melakukan kontak erat.

Terutama dengan penderita infeksi virus corona, penanganan pasien di rumah sakit, dan penegakan protokol kesehatan. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan