Wamen dari PSI 'Gercep' Petakan Konflik Tanah, Grace: Surya Tjandra Paket Komplit

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 25 Oktober 2019
Wamen dari PSI 'Gercep' Petakan Konflik Tanah, Grace: Surya Tjandra Paket Komplit
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugro

MerahPutih.com - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Surya Tjandra dilantik menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendampingi Menteri ATR atau Kepala BPN Sofyan Djalil. Dia mendapat tugas khusus fokus menyelesaikan permasalahan sengketa tanah dan konflik agraria.

"Kalau pesan Pak Jokowi kan saya diminta untuk membantu menyiapkan ya tahap-tahap proses untuk cari solusi konflik-konflik agraria yang masih kita alami dan kemudian mungkin mulai dengan pemetaan-pemetaan dulu," kata Surya, kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10).

Baca Juga:

PSI Ingatkan Jokowi Diminta Jangan Asal-asalan Pilih Menteri

Untuk langkah awal, Surya akan mulai memetakan masalah di sektor agraris. Menurut dia, pemetaan konflik itu perlu dilakukan secara lebih baik, lebih tepat, serta dengan pendekatan yang lebih baik.

Surya juga bakal mempelajari regulasi di sektor tersebut yang diperkirakan menghambat investasi. Namun sejauh ini dia belum begitu memahami permasalahan itu. "Belum tahu tuh, tapi itu salah satu juga yang jadi perhatian, seperti itu," tegas dia.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie. Merahputih.com/Rizki Fitrianto.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie. Merahputih.com/Rizki Fitrianto.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie menyampaikan Surya pernah lama aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta dan mempunyai sensitivitas yang tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan. "Kepeduliannya pada rakyat tak perlu diragukan lagi," ujar Grace.

Grace mengungkapkan Surya Tjandra mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan di bidang hukum untuk program S-2 di Universitas Warwick, Inggris serta program S-3 di Universitas Leiden, Belanda.

Menurut Grace, jika melihat rekam jejaknya Surya merupakan paket komplet, lantaran mempunyai pengalaman praktis serta bekal akademis yang memadai. Dia menekankan PSI akan mendukung sepenuhnya kiprah Surya Tjandra di posisi wamen.

"Terima kasih Pak Jokowi atas kepercayaan kepada salah seorang kader terbaik PSI. Kami akan membantu sekuat tenaga," tutup Ketum PSI itu. (Knu)

Baca Juga:

Grace Natalie Enggan Paksa Jokowi Pilih Kader PSI Masuk Kabinet

#Kabinet Jokowi Ma'ruf Amin #PSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan