Wali Kota Tomohon: Pancasila adalah Jati Diri Bangsa Indonesia

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 03 Oktober 2017
Wali Kota Tomohon: Pancasila adalah Jati Diri Bangsa Indonesia
Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman. Foto: Korpri

MerahPutih.com - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara Jimmy F Eman pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengatakan, Pancasila dalah jati diri bangsa Indonesia sebagai falsafah, ideologi dan dan alat pemersatu.

"Pancasila juga merupakan pandangan hidup, dasar negara dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk," ujar Wali Kota Eman di Tomohon, Senin (2/10).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diselenggarakan secara nasional dengan tema "Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur", katanya.

Karena itu sudah semestinya tema ini dapat memberikan kesadaran meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa.

"Tema ini dipilih untuk mengingatkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila, sehingga dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Pancasila tidak sekadar slogan, tetapi harus dipratekkan. Pancasila akan menjadi sakti kalau menjadi kepribadian bangsa," ujarnya.

Menurut Wali Kota, peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan menjadi pengingat bahwa sebagai Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Tomohon juga dirangkaikan dengan memperingati Hari Batik Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional, serta surat edaran Pemprov Sulut.

#Tomohon #Wali Kota Tomohon #Pancasila
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan