Wali Kota Solo Temui Jokowi Bahas Pilwakot 2020, Dukung Gibran atau Purnomo? Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (MP/IsmaiL)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Jokowi di Gedung Agung Yogyakarta, Jumat (31/1).

Foto pertemuan Jokowi dan Rudy tersebut beredar luas di media sosial (Medsos). Pertemuan keduanya seolah mendinginkan suasana, terlebih hubungan keduanya yang pernah menjadi kawan akrab politik dengan menjadi pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada 2005 dan 2010 silam sedang memanas.

Baca Juga:

Maju Pilwakot Solo, Bakal Cawali Independen Ini Tak Gentar Lawan Gibran dan Purnomo

Hal itu terjadi setelah putra sulug Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ngotot maju di Pilwakot Solo 2020 lewat jalur DPD PDIP Jawa Tengah. Padahal, Rudy yang menjabat Ketua DPC PDIP Solo, telah resmi mengusung pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Beberapa kesempatan saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solo tidak didampingi Wali Kota Solo. Misalnya acara Hari Batik Nasional di Pura Mangkunegaran, 2 Oktober 2019, Rudy absen dengan alasan menghadiri kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Meski demikian, Rudy menegaskan tidak memiliki masalah dengan Jokowi.

"Ya benar ada pertemuan dengan Presiden Jokowi di Yogyakarta. Ngobrolnya cukup lama," ujar Rudy kepada Merahputih.com, Minggu (2/2).

Foto Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Jokowi di Gedung Agung Yogyakarta, Jumat (31/1) yang beredar di media sosial (net)

Rudy membenarkan sudah lama tidak bertemu Jokowi meskipun sama-sama orang Solo. Ia menegaskan Jokowi sebenarnya ingin bertemu dirinya saat Rakernas dan HUT ke-47 PDIP di JIExpo, Jakarta, tanggal 10-12 Januari 2020. Namun, saat itu Rudy tidak hadir dengan alasan siaga bencana di Solo.

"Dia (Jokowi) mengira saya hadir di rakernas nyari saya disana. Mensesneg (Sekretariat Negara) juga telpon dan whatsapp saya, kebetulan ponsel saya mati," kata dia.

Baca Juga:

Jelang Imlek, Pedagang Mainan Miniatur Barongsai Asal Cirebon Mengadu Nasib di Solo

Dalam pertemuan itu, Rudy melaporkan banyak hal tentang kondisi Solo. Laporan tersebut diantaranya mengenai Benteng Vastenburg, Taman Sriwedari, pemindahan sekolah hingga pengoperasian RSUD Bung Karno.

"Saya juga membicarakan masalah Pilkada Solo, yang saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PDIP dan siap menjalankannya dan dipatuhi semua kader," kata dia. (Ism)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH