Waspada Virus Corona

Wali Kota Solo Perintahkan DKK Cek Kesehatan Warga Usai Pulang Dari Luar Negeri

Eddy FloEddy Flo - Senin, 02 Maret 2020
 Wali Kota Solo Perintahkan DKK Cek Kesehatan Warga Usai Pulang Dari Luar Negeri
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo memperintahkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Jawa Tengah agar mengecek kondisi warganya yang baru saja bepergian ke luar negeri.

Hal itu dilakukan setelah ditemukan dua warga Kabupaten Depok, Jawa Barat positif terpapar virus corona atau Covid-19, Senin (2/3).

Baca Juga:

Dua Warga Indonesia Positif Corona, DPRD Minta Pemprov DKI Bagikan Masker Gratis

"Saya langsung perintahkan DKK segera bertindak dengan melakukan pencegahan dan antisipasi agar virus mematikan itu tidak sampai masuk Solo," ujar Rudy kepada kepada awak media di Solo, Senin (2/3).

Para dokter melakukan simulasi penanganan virus corona atau Covid-19
Dokter RSUD dr Moewardi Solo, Jawa Tengah melalukan simulasi penanganan virus corona. (MP/Ismail)

Rudy menegaskan warga Solo yang pulang dari luar negeri harus dicek kondisinya. Apalagi di Solo, sudah ada sejumlah orang dari luar Solo yang diduga terinveksi corona dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi dan hasilnya negatif semua.

"Di Solo, sudah ada sejumlah orang yang sempat diduga terpapar virus corona dan telah diisolasi di rumah sakit. Terakhir, ada warga Korea Selatan yang ditemukan bunuh diri karena depresi merasa terena virus mematikan itu. Kami harus waspada jangan sampai virus masuk Solo," kata dia.

Ia mengatakan warga Solo usai berpergian dari luar negeri akan dilakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan. Selain itu, mereka akan ditelusuri telah bertemun dengan siapa saja salama diluar negeri.

"Kalau perlu dikarantina secara mandiri atau seperti apa tindakannya biar DKK Solo yang bertindak," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Jawa Tengah, Siti Wahyuningsih, mengatakan warga Solo tidak perlu panik menghadapi virus corona. Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri.

Baca Juga:

Saran Wali Kota Depok Cegah Corona: Setop Merokok

"Ya apabila baru pulang dari luar negeri, warga yang bersangkutan wajib mengevaluasi diri selama dua minggu. Ini bukan persoalan curiga atau tidak, hanya untuk meningkatkan kewaspadaan saja" terangnya.

Ia mengimbau kepada warga agar menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh harus kuat. Virus corona menyerang daya tubuh manusia.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Kurangi Dampak Virus Corona, Pemerintah Didesak Aktif Lakukan Lobi Internasional

#Virus Corona #Wali Kota Solo #FX Hadi Rudyatmo #Pemkot Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan