Wali Kota Solo Minta Kemendikbud Mulai Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Januari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo memgecek kesiapan sekolah SMPN 4 Solo, Jawa Tengah dalam menerapkan new normal, Jumat (29/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar memulai tahun ajaran 2020/2021 pada Januari tahun depan.

Hal itu menanggapi rencana Kemendikbud yang akan membuka tahun ajaran baru pada tanggal 13 Juli, yang dianggap terlalu berisiko siswa terpapar COVID-19.

Baca Juga:

Masih Ditutup, Wisatawan Nekat Terobos Masuk ke Tempat Wisata di Gunung Kidul

"Sekolah saya usulkan (Kemendikbud) agar dibuka pada Januari 2021. Kembalikan konsep tahun sebelumnya," ujar Rudy sapaan akrabya di Solo, Jumat (29/5).

Wali Kota Solo sarankan tahun ajaran baru sekolah dimulai Januari 2021
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kiri) saat tinjau kesiapan sekolah jelang tahun ajaran baru (MP/Ismail)

Rudy mengungkapkan anak-anak lebih rentan terpapar virus corona atau COVID-19. Terbukti sudah ada anak terpapar corona di Solo. Sekolah tahun ajaran 2020/2021 baru bisa dimulai jika kondisi wilayah di Indonesia betul-betul zona hijau semua.

"Kalau saya boleh usul mulai sekalian saja tahun ajaran 2020/2021 pada Januari. Kita tunggu keputusan Mendikbud dan Ketua Gugus nasional. Harapannya usulan saya ini bisa disetujui," papar dia.

Politisi PDIP ini menilai jika tahun ajaran 2020/2021 dimulai pada Januari tahun depan semua daerah punya waktu panjang untuk persiapan membangunan infrastruktur new normal dibidang pendidikan. Selain itu, sekolah juga bisa menyiapkan motode belajar baru dalam kelas apakah nanti satu kelas siswa dibagi dua kali masuk sekolahnya atau seperti apa.

Rudy juga menyinggung kesiapan new normal di mal, home industri, pabrik, dan tempat keja lainnya juga perlu menyesuaikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Seperti Solo Paragon Mal dan lainnya sudah mulai melakukan persiapan new normal tinggal menyempurnakan saja. Tempat ibadah juga sudah mulai mempersiapkan diri," tandasnya.

Baca Juga:

Lantik Enam Pejabat Kemenkumham, Yasonna Sampaikan Pesan New Normal

Sebelumnya, sebuah petisi yang ditujukan kepada pemerintah untuk dapat menunda tahun ajaran baru sekolah selama pandemi Corona (Covid-19) via laman change.org viral di berbagai platform media sosial hingga aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dalam petisi tersebut juga tertulis, meski sekolah dibuka dengan protokol new normal, namun penularan Covid-19 secara masif juga masih menghantui.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

KPU Putuskan Pilkada 9 Desember, Purnomo Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH