Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Tolak Dicalonkan Jadi Exco PSSI Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo tolak dicalonkan jadi Exco PSSI (MP/Win)

MerahPutih.Com - Komite Pemilihan PSSI mengumumkan 90 calon anggota Exco PSSI periode 2019-2023, pada 4 Oktober 2019 kemarin.

Dari 90 nama calon Exco PSSI terdapat nama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Menanggapi hal tersebut, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo dengan tegas menolak tawaran itu.

Baca Juga:

Wali Kota Solo Minta Keluarga Jokowi Akuisisi Saham Laskar Sambernyawa

"Saya juga baru tahu ada nama (Rudy) masuk calon anggota Exco PSSI. Saya menolak untuk masuk kepengurusan PSSI periode mendatang," ujar Rudy kepada merahputih.com, Kamis (10/10).

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo tolak masuk Exco PSSI
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo memberikan keterangan terkait calon anggota Exco PSSI, Kamis (10/10). (MP/Ismail)

Rudy yang pernah masuk anggota Komite Normalisasi PSSI mengungkapkan alasan menolak menjadi anggota Exco PSSI karena masih aktif menjadi anggota parpol sebagai Ketua DPC PDIP Solo. Ia tidak ingin mencapur adukan politik dengan olahraga.

"Saya mengucapkan terima kasih telah masuk calon anggota Exco PSSI. Dengan tegas saya tolak secara halus. Saya tidak ingin menjilat lidah sendiri untuk masuk kepengurusan PSSI," kata dia.

Rudy mengingatkan kembali ada empat poin untuk perbaikan kejayaan organisasi PSSI. Pertama PSSI harus diurus orang yang tidak terkontaminasi kepengurusan partai politik, kedua harus orang gila bola dan mengerti organisasi sepakbola.

"Ya poin ketiga tidak menggantungkan hidup di organisasi, dan terakhir memiliki target yang jelas serta konsisten," kata dia.

Ia mencontohkan seorang caketum PSSI harus punya target berjenjang yang jelas Indonesia harus mampu mengikuti Piala Dunia. Sebagai calon anggota Exco PSSI sesuai syarat berlaku harus mengembalikan formulir kesanggupan pada tanggal 8 Oktober.

Baca Juga:

Jokowi-Ma'ruf Amin Menang, Wali Kota Solo Cukur Gundul

"Saya diberi formulir saja tidak diisi dan langsung dikembalikan. Nama saya muncul berdasarkan usulan anggota lain dan diminta membantu di Exco," tutur dia.

Rudy mengaku juga diusulkan sebagai ketua umum PSSI. Usulan tersebut juga dia tolak dengan halus dengan alasan sama, ia masih aktif sebagai anggota parpol PDI Perjuangan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Erick Thohir Temui Wali Kota Solo, Buka Puluang Jadi Investor Persis Solo



Eddy Flo