Wali Kota Sabang Dukung Menteri Susi Hibahkan Uang Lelang Ikan kapal Silver Sea Nelayan beraktivitas di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota Sabang menyatakan dukungannya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Susi Pudjiastuti terkait rencananya menghibahkan uang sebesar Rp 2,579 miliar hasil lelang ikan di kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand kepada nelayan Aceh.

"Kita dukung Ibu Menteri Susi Pudjiastuti menghibahkan uang hasil lelang ikan di kapal Silver Sea untuk nelayan Aceh," kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin seperti dilansir Antara, Senin (4/3).

"Rencana Ibu Susi itu sangat bagus dan kita mendorong dana tersebut digunakan untuk kesejahteraan masyarakat nelayan di Aceh dan Sabang khususnya," sambung Politisi Partai Aceh yang lebih familiar dipanggil Tgk Agam.

Tgk Agam juga berharap, uang hasil lelang ikan sebesar Rp 2,579 miliar dari kapal SS-2 berbendera Thailand tersebut bisa pergunakan untuk biaya pendidikan anak-anak nelayan.

Panglima Laot (Lembaga Adat) Wilayah Kota Sabang, Ali Rani sebelumnya telah menangih janji KKP Susi Pudjiastuti terkait sitaan hasil lelang muatan Kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand.

"Waktu itu Menteri Susi berjanji hasil lelang ikan 1.930 ton muatan Kapal Silver Sea akan dihibah untuk Yayasan Pangkai Meureuno Aneuk Nelayan (YPMAN) Aceh," kata Ali Rani.

Ia menceritakan, Menteri Susi Pudjiastuti di hadapan para nelayan Aceh usai peringatan Hari Nusantara tanggal 13 Desember 2015 di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh mengakui uang hasil lelang ikan tersebut dihibahkan untuk nelayan Aceh melalui YPMAN.

"Kita bersyukur hasil putusan Pengadilan Negeri Sabang semua hasil lelang ikan di Kapal Thailand serta Kapalnya di rampas untuk negara dan sekarang kami menanti janji Ibu Menteri Susi," imbuh Panglima Laot Wilayah Kota Sabang.

Kapal SS-2 itu bersama 19 Anak Buah Kapal (ABK) semula terdeteksi di perairan Pulau Jawa hendak menuju Thailand dan ditangkap Kapal 385 KRI Teuku Umar 80 mil dari lepas pantai Sabang, Rabu 12 Agustus 2015.

Selanjutnya digiring serta ditambat di Dermaga TNI AL Lanal Sabang. Jaksa Agung HM Prasetyo pada Kamis (14/2) telah menyerahkan Kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand 2.285 gross tonage yang melakukan pelanggaran kemaritiman di wilayah teritorial RI kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. (*)

Baca Juga: Yuk Merapat ke 'Garage Sale' Menteri Susi Pudjiastuti


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH