Wali Kota Risma Diundang Jadi Pembicara di Forum PBB

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 27 Oktober 2017
Wali Kota Risma Diundang Jadi Pembicara di Forum PBB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.Com - Sepak terjang Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya dalam membenahi permukiman, energi dan transportasi kota rupanya mendapat perhatian dari lembaga dunia PBB.

Wali Kota Risma diundang menjadi pembicara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diundang menjadi pembicara di acara The 12th Global Forum on Human Settlements (GFHS) and Sustainable Cities and Human Settlements Awards (SCAHSA) Ceremony yang digelar di gedung PBB di New York, Amerika Serikat, Senin (30/10).

Kabag Humas Pemerintah Kota Surabaya, Muhammad Fikser sebagaimana dilansir Antara, mengatakan wali kota akan menyampaikan paparan tentang beberapa hal, seperti transportasi kota, energi dan permukiman.

"Undangan menjadi pembicara ini merupakan tindak lanjut diskusi dan paparan wali kota pada penyelenggaraan GFHS ke-11 di Konferensi Habitat III Quito 2016 yang memaparkan tentang kebijakan dan insiatif yang dilakukan di Kota Surabaya dalam tiga sektor tersebut," kata Fikser di Surabaya, Jumat (27/10).

GFHS merupakan forum yang bertujuan menciptakan platform bagi dialog internasional tingkat tinggi, untuk berbagi pengetahuan, teknologi dan pengalaman sukses, meningkatkan kapasitas, mendorong kemitraan serta memfasilitasi inovasi yang efektif.

Selain itu, lanjut dia, pada hari yang sama wali kota juga akan memaparkan strategi dan inovasi yang telah dilakukan di Kota Surabaya dalam satu tahun setelah dokumen New Urban Agenda diadopsi di Quito tahun 2016. Untuk paparan ini, materi paparan wali kota akan dinilai oleh panitia kegiatan GFHS.

"Tema paparannya ditentukan (oleh panitia SCAHSA Ceremony sebagai rangkaian kegiatan GFHS), yakni apa yang dilakukan satu tahun setelah new urban agenda. Ini nanti dinilai dan Kota Surabaya berpeluang meraih penghargaan Global Green City 2017," ujar Fikser.

Dalam kunjungan ke New York, wali kota juga akan melakukan pertemuan dengan Wali Kota New York pada 1 November 2017.

Menurut Fikser, output dari kunjungan tersebut, Pemkot Surabaya memiliki kesempatan untuk menggali potensi Kota New York serta menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Kota New York.

Selain itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga dapat memperluas jaringan kerja sama internasional serta memperkaya pengetahuan dalam bidang penataan kota dan pemukiman dalam rangka mewujudkan agenda 2030, yakni pembangunan berkelanjutan serta new urban agenda melalui dialog tingkat tinggi di New York.(*)

#Wali Kota Surabaya #Tri Rismaharini #PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan