Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

MerahPutih.com - Wali Kota Bogor Bima Arya dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Test deteksi Covid-19 dilakukan setelah Bima Arya melakukan perjalanan ke Azerbaijan dan Turki.

Setelah kembali ke tanah air, Bima Arya dilakukan test dan langsung melakukan isolasi diri (self isolation). Bima Arya kemudian berdinas dari rumah. Termasuk terakhir, dia menyampaikan beberapa skema usulan anggaran pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona di Kota Bogor.

Baca Juga:

Cegah COVID-19 Pemprov DKI Jakarta Tutup Taman dan RPTRA

"Pada hari Kamis sore kemarin, Wali kota Bogor telah menerima hasil tes SWAB dan menunjukan postitif Covid-19. Test dilangsungkan pada Selasa (17/3) oleh RS Bogor Senior Hospital," demikian pernyataan Pemerintah Kota Bogor yang disamaikan melalu keterangan tertulis, Jumat (20/3).

Berbagai protokol sudah dijalankan sejak kembalinya Bima Arya bersama jajaran pejabat pemkot pada Senin (16/3) lalu. Protokol penanganan ini termasuk mendapatkan pengawasan ketat sebagai orang dalam pemantauan (OPD) dan test mamantau kemungkinan terpapar Covid-19.

Wali Kota Bogor Bima Arya saat bercukur dalam kegiatan donasi untuk bencana di Kota Bogor. (Foto: Instagram @bimaaryasugiarto)
Wali Kota Bogor Bima Arya saat bercukur dalam kegiatan donasi untuk bencana di Kota Bogor. (Foto: Instagram @bimaaryasugiarto)

Selain Wali Kota, hasil test test positif virus corona juga terhadap pejabat pemkot lain. Tiga anggota rombongan lain dinyatakan negatif.

"Setelah dinyatakan positif, Wali Kota dan pejabat lainnya (dinyatakan positif) menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor pada Kamis malam."

Baca Juga:

Peserta Seminar Bogor Positif Corona Meninggal dan Dimakamkan di Wonogiri

Dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta, Wali Kota Bima Arya menyatakan Dinas Kesehatan Kota Bogor langsung melakukan test deteksi virus corona segera setelah dirinya pulang dari luar negeri. Dia kemudian tinggal di rumah dan tidak melakukan kegiatan luar sambil menunggu hasil test.

Bima Arya mengatakan, tindakan isolasi diri dan test virus corona sebagai contoh kepada masyarakat. Meskipun, sebenarnya ia ingin langsung bekerja terutama meninjau penanganan virus corona seperti ke Stasiun Kota Bogor yang memiliki pergerakan orang sangat tinggi. (*)

Baca Juga:

Demi Tanggulangi Corona, Luhut Berharap Mekanisme Impor Tak Dipersulit


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH