Walhi Jakarta: Pengelolaan Sampah di Halim Perdana Kusuma Tidak Sesuai Aturan

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Minggu, 18 September 2016
Walhi Jakarta: Pengelolaan Sampah di Halim Perdana Kusuma Tidak Sesuai Aturan
(Foto: Walhi Jakarta)

MerahPutih Megapolitan - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menduga pengelolaan sampah di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta belum dijalankan sesuai aturan. Hal tersebut diutarakan Puput TD Putra, Direktur Walhi Jakarta melalui rilis yang didapat merahputih.com.

“Dugaan ini kami dapat setelah di lakukan kunjungan ke lokasi dan investigasi atas sampah dan limbah yang dilakukan oleh pihak pengelolanya," tulisnya dalam rilis, Sabtu (17/9) malam.

Puput mengatakan pengelolaan limbah di Bandara Halim Perdana Kusuma di serahkan kepada pihak ketiga, yang tidak jelas legalitasnya dan tata cara pengolahannya perlu di pertanyakan.

“Dari temuan kami, pihak halim membuang sampah tidak sesuai aturan dan Limbahnya tidak dikelola dengan benar sehingga berpotensi membahayakan kesehatan lingkungan,” ujarnya.

Di antara prosedur yang dikeluhkan adalah sampah hanya di tumpuk di satu tempat tanpa ada proses karantina terlebih dahulu. Hal ini menurut Puput tidak sesuai aturan pengelolaan sampah dan limbah telah diatur berdasarkan UU No 18/2008 dan UU No. 32 2009.

"Walhi meminta pihak Bandara Halim perdana kusuma untuk menegur pihak pengelola sampah di sana agar lebih mempeprhatikan pengelolaan sampah mereka dengan baik tampa menyalahi regulasi yang berlaku," pungkas Puput.

Selaun itu, Walhi juga meminta pihak Bandara agar memiliki sistem pengendalian dan pengawasan atas limbah dan sampah yang dihasilkan bandaranya. Sebab, limbah dan sampah tersebut tidak hanya dari makanan, tetapi limbah dan sampah Oli, Peralatan bekas dan lain-lain.(Yni)

BACA JUGA:

  1. Komentar WALHI Jakarta jika Ahok Tetap Lanjutkan Reklamasi Pulau G
  2. Gugatan Pulau G Dimenangkan Nelayan, Ini Kata WALHI Jakarta
  3. WALHI Jakarta Minta pembangunan Giant Sea Wall Dihentikan
  4. Walhi Desak Ahok Cabut Amdal Reklamasi Teluk Jakarta
  5. Walhi Minta Reklamasi Teluk Jakarta Dihentikan Permanen
#Sampah #Bandara Halim Perdanakusuma #Walhi Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan