Wisata Indonesia

Waktunya Refreshing, Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 06 Maret 2021
Waktunya Refreshing, Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka
Gunung Gede Pangrango kembali dibuka. (Foto: Instagram/@tn_gedepangrango)

KABAR gembira nih buat anak gunung. Gunung Gede Pangrango kembali dibuka. Sempat ditutup selama dua bulan, gunung ini resmi dibuka kembali pada Jumat (5/3).

Informasi ini disampaikan Badan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BTNGGP) melalui surat resmi. BTNGGP mengunggah surat tersebut di akun Instagram resminya pada 25 Februari.

Baca juga:

3 Curug Indah di Bogor yang Layak Dikunjungi

"Berdasarkan prakiraan cuaca yang diterbitkan oleh Stasiun Meteorologi Kelas III Citeko Bogor, BMKG, berkaitan dengan cuaca di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan hasil pemantauan lapangan oleh petugas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, diberitahukan kepada seluruh pendaki gunung Gede Pangrango bahwa kegiatan pendakian gunung Gede-Pangrango dibuka pada tanggal 5 Maret 2021," tulis keterangan BTNGGP di Instagram.

Surat resmi BTNGGP tentang pembukaan Gunung Gede Pangrango. (Foto: Instagram/@tn_gedepangrango)

Dengan dibukanya jalur pendakian, BTNGGP berharap pendaki tetap dapat mematuhi SOP pendakian serta protokol kesehatan yang ada selama pandemi belum kondusif. Pendaki harus menggunakan masker dan tidak mendaki dengan kerumunan.

Setiap harinya gunung ini selalu dikunjungi oleh ratusan pendaki. Terdapat tiga jalur resmi yang ada seperti jalur Gunung Putri, jalur Cibodas, dan jalur Salabintana.

Baca juga:

Cirebon Perkuat Potensi Wisata Religi Melalui Masjid Kuno

Pendaki biasanya lebih memilih jalur gunung putri yang cenderung landai dan memakan waktu lebih singkat. Jalur ini menjadi favorit pendaki, sehingga terkadang melebihi kuota yang ditetapkan.

Gunung yang merupakan salah satu destinasi favorit pendaki ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Terdapat pula mata air yang melimpah di tempat ini. Bahkan, jika mendaki melalui jalur Cibodas, kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa berupa air terjun yang airnya jernih dan segar.

(Gunung Gede Pangrango memiliki tiga jalur pendakian resmi. (Foto: Instagram/@Ardhatamaa)

Saat mencapai ketinggian 2200 mdpl, kita juga akan melintasi sebuah jalur air panas dengan trek kanan kiri jurang. Trek ini membuat setiap pendaki perlu lebih berhati-hati saat melintasinya.

Tidak hanya di jalur Cibodas, jalur Gunung Putri juga memiliki sebuah pemandangan indah berupa hamparan rumput edelweiss yang biasa disebut dengan “Alun-alun Surya Kencana“.

Tertarik untuk ke gunung Gede Pangrango? Jangan lupa persiapkan fisik serta logistik yang matang dan paling penting adalah tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. (ard)

Baca juga:

Tujuan Wisata Favorit Ungkap Kepribadianmu

#Wisata #Wisata Indonesia #Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan