Catat! Simak Waktu Terbaik Berlibur di Indonesia Sepanjang Juli-Desember! Pantai Ora (Sumber: Travelmato)

PENGUJUNG taun enggak cuma sibuk bikin resolusi karir lho guys! Kamu pun harus merencanakan agenda liburan. Selain melihat "Tanggal Merah" atau hari libur, penting pula untuk kamu mengetahui kapan waktu paling tepat untuk berlibur.

Aktor kenamaan sekaligus CEO MBDC, Christian Sugiono, mengatakan waktu paling tepat untuk liburan bisa memberikan kesan lebih mendalam. "Setiap tempat biasanya punya waktu terbaik untuk dikunjungi. Di sisi lain kalau kita datang di waktu yang tidak tepat bisa buat rencana jalan-jalan kita berantakan" ujarnya ketika ditemui merahputih.com di acara Ideafest 2018, beberapa waktu lalu.

Nah, bila ingin merancang agenda liburan, kamu harus memperhatikan waktu terbaik, cuaca, dan agenda-agenda penting di destinasi kunjunganmu.

Berikut waktu terbaik untuk menikmati kunjungan wisata di Indonesia dari Juli hingga Desember:

1. Juli

Kasad Tengger Yadnya
Kasad Tengger Yadnya (Sumber: Pedoman Wisata)

Pariwisata Indonesia mencapai titik tertinggi di Bulan Juli. Liburan sekolah dan perkuliahan ditambah cuaca sedang bagus membuat destinasi-destinasi terbaik dipadati wisatawan.

Tak hanya di Indonesia, bulan Juli juga jadi liburan musim panas di Eropa. Hal tersebut membuat tempat wisata di Indonesia tak hanya dipadati turis domestik tetapi juga turis mancanegara.

Pastikan untuk memesan hotel dan tiket jauh-jauh hari. Bersiap-siap untuk bersaing berburu spot foto matahari terbit dengan wisatawan lain.

Jika enggan berdesak-desakan dengan turis lain, kita bisa menikmati hutan hujan tropis sembari berjumpa dengan orangutan di Sumatra atau birdwatch di Sulawesi. Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman tak terlupakan, pergi ke Gunung Bromo untuk menyaksikan ritual Kasad Tengger Yadnya.

2. Agustus

Bukittinggi
Pawai Alegoris di Bukittinggi (Sumber: Info Bukittinggi)

Musim liburan masih terjadi hingga minggu pertama bulan Agustus. Pemesanan hotel dan tiket jauh-jauh hari masih disarankan terutama jika kau ingin berkunjung ke destinasi populer.

Kegiatan pariwisata terpusat di wilayah selatan. Untuk mendapatkan liburan dengan tenang dan sejuk kamu bisa menjelajahi dataran tinggi di Bukittinggi, Sumatra atau Toraja, dan Sulawesi. Suhu di tempat tersebut cenderung sejuk sehingga kamu yang enggan panas-panasan bisa berlibur dengan nyaman.

Di bulan itu, Tana Toraja juga memiliki upacara pemakaman cukup fenomenal. Selain itu, bulan Agustus juga sangat berarti bagi masyarakat Indonesia karena Hari Kemerdekaan jatuh pada 17 Agustus. Kamu bisa merasakan keriaan 17 Agustusan dengan ikut serta perlombaan unik di berbagai daerah sebagai pilihan lain berwisata.

3. September

Orangutan
Orangutan di Hutan Hujan Tropis Kalimantan (Sumber : Marcus Mauthe)

Jumlah wisatawan di bulan September biasanya mulai menurun. Ini adalah waktu paling tepat untuk berkunjung ke tujuan wisata populer seperti Jawa, Bali, Pulau Lombok, Pulau Komodo, Sumba, dan Kepulauan Gili.

Di daerah Jawa dan Sulawesi suhu udara bisa mencapai 34 derajat celcius. Sementara bila ingin berkunjung ke Sumatra atau Kalimantan di bulan ini cenderung sejuk. Cuaca cerah dan lingkungan alam subur sangat disukai satwa liar. Tak heran, bila sedang mujur, kalian bisa berjumpa dengan satwa liar. Bulan ini juga menjadi waktu terbaik untuk melihat orangutan di Kalimantan dan Sumatra.

4. Oktober

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (Sumber: First Lombok Tour)

Oktober menjadi kesempatan terakhir bagi kamu bila ingin mendaki gunung di Jawa, Bali, atau Lombok sebelum musim hujan mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia. Curah hujan akan terus meningkat setelah Oktober. Jangan sia-siakan waktu untuk menikmati wisata alam di Oktober.

5. November

Pantai Ora
Pantai Ora (Sumber: Darma Wisata Indonesia)

Di bulan November curah hujan cukup tinggi. Hal tersebut membuat destinasi wisata di Indonesia hibernasi sesaat.

Menyebrangi pulau dengan kapal feri menjadi suatu hal paling menantang. Simpan rencana untuk menghabiskan waktu di pulau Komodo atau pulau-pulau lain di Nusa Tenggar Timur dan Barat pada bulan November.

Namun, jika kamu ingin menjelajahi Maluku atau Papua, November menjadi waktu terbaik untuk menikmati musim paling lembab terbaik di seluruh Indonesia. Kedua daerah tersebut memiliki eksotisme unik pada November. Namun, perjalanan ini akan membutuhkan biaya lebih besar karena masalah keterjangkauan.

6. Desember

Curah hujan tinggi di Desember membuat kondisi jalan menjadi licin. Kita harus ekstra hati-hati. Di bulan ini, beberapa kota memiliki kemeriahan Natal seperti di Manado, Maluku, dan Papua. Desember masih menjadi bulan mengasyikan untuk menikmati keindahan pulau-pulau di Maluku atau Raja Ampat, Papua. (*) Avia



Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH