Healthy People Wajib Tahu! Ini Waktu Makan Terbaik Bagi Pendamba Tubuh Ideal! Makan punya waktu-waktu terbaik. (Foto: Pixabay/neshom)

MAKAN punya waktu-waktu terbaik. Hal itu tentu berdampak besar terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. Misalnya, bagi kamu sedang program menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan, mengatur waktu makan tentu bisa jadi pilihan jitu.

Sebuah penelitian terbaru dari Harvard University, menunjukkan tidak peduli seberapa banyak kamu makan, atau mengontrol pola makan, jika waktu makan tidak sesuai dengan ritme tubuh, maka kadar gula darah bisa saja naik hingga 18% lebih tinggi dari kondisi normal.

Waktu-waktu terbaik makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Lalu, kapan waktu makan terbaik dalam sehari? Berikut ulasannya seperti dikutip Go Dok.


1. Sarapan

Sarapan pagi sebaiknya dilakukan dari jam 6. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Sarapan pagi sebaiknya dilakukan dari jam 6. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menyebutkan waktu makan terbaik untuk sarapan antara jam 6 pagi hingga jam 9.45 pagi. Sejalan dengan hal ini, Jim White, seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics juga menyarankan agar sarapan setidaknya dalam waktu satu jam setelah bangun tidur.


2. Makan siang

Makan siang dilakukan 4 jam setelah sarapan. (Foto: Pixabay/rawpixel)
Makan siang dilakukan 4 jam setelah sarapan. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Waktu makan terbaik dan paling ideal untuk makan siang sekira pukul 12.45 siang, atau 4 jam dari waktu sarapan. Jika kamu menjalani sarapan pukul 9 pagi, bisa menunda makan siang hingga jam 1 siang, dan masih bisa disebut ideal.

Jangan menunda makan siang hingga lebih dari jam 4 sore, sebab hal ini bisa membuat kamu lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja.

3. Makan malam

Makan malam tidak lebih dari jam 8. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Makan malam tidak lebih dari jam 8. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Waktu makan terbaik di malam hari memiliki aturan lebih ketat dibandingkan kedua waktu makan lainnya. Kamu disarankan untuk tidak makan malam lebih dari jam 8 malam. Waktu makan terbaik dan paling ideal di malam hari antara jam 6 sore hingga jam 8 malam.

Meski begitu, jika kamu telat makan siang (pukul 3 sore), bisa menunda makan malam hingga jam 9 malam, dan harus diingat untuk tidak menundanya hingga di atas jam 9 malam.

Jagalah agar waktu makan malam dan waktu tidur kamu berjarak 3 jam. Disarankan makan tidak terlalu banyak di malam hari, porsi lebih kecil, dibandingkan waktu sarapan dan makan siang.


4. Waktu camilan

Waktu camilan bisa berjarak 2 jam sekali. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Waktu camilan bisa berjarak 2 jam sekali. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sebenarnya jika menjalani sarapan hingga makan malam dengan porsi tepat, kebiasaan mengemil di sela-sela waktu makan akan berkurang dengan sendirinya. Namun, jika hasrat itu masih ada, jangan lupa untuk menjaga waktu camilan berjarak 2 jam sekali. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sate Eddy, Sajian Padang yang Ngetren di Jambi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH