#DiRumahAja, Waktu Sempurna untuk Memulai Meditasi Belajar meditasi untuk melepaskan pikiran. (Foto: Unsplash/Lesly Juarez)

JIKA kamu pernah mempertimbangkan untuk belajar meditasi, sekarang merupakan waktu yang tepat. Sangat normal untuk merasa stres atau kewalahan akibat dampak pandemi COVID-19. Namun, tetap merawat diri sendiri ialah hal yang penting. Meditasi harian dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Walau dengan aplikasi meditasi yang jumlahnya sangat banyak, tentu tidak pernah mudah untuk memulai.

Presiden dan salah satu pendiri Stop, Breathe & Think, Jamie Price, seperti dilansir Travel + Leisure, mengungkapkan manfaat meditasi. Meditasi membantu menenangkan kecemasan kamu terhadap COVID-19, mungkin cocok untuk seluruh keluarga.

Baca juga:
3 Teknik Meditasi Sederhana untuk Meningkatkan Konsentrasi

1
Aplikasi ini bahkan menawarkan berbagai macam meditasi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jamie Price mengatakan ada banyak jenis meditasi. Namun, salah satu bentuk paling umum ialah meditasi mindfulness, yakni ketika seseorang memusatkan perhatian pada napas. Napas dapat menjadi jangkar dan dapat memperkuat kesadaran kamu. Jadi ketika melakukan sesuatu, kamu tahu bahwa kamu sedang melakukannya. Pikiran tidak berkeliaran pada hal-hal yang tidak terkait dengan apa yang terjadi saat ini. Dengan bemeditasi, seseorang dapat memperoleh kesehatannya lebih prima.

Kemudian ketika seseorang berlatih meditasi, fokus lebih kuat pada pikiran, perasaan, dan sensasi fisik. Seseorang akan lebih terbuka dan menerima semua yang ada di sekitarnya tanpa perlu melakukan penilaian.

Kamu dapat mempraktikkan meditasi di mana saja dan kapan saja, tanpa peralatan khusus atau pengetahuan lanjutan. Misalnya, saat berjalan atau di tempat tidur sebelum tidur atau bangun. Akan tetapi, dalam hal konsistensi, akan sangat membantu untuk menemukan ruang yang tenang tanpa gangguan. Kamu bisa berlatih pada waktu yang sama setiap hari. Yang dibutuhkan ialah bantal atau kursi untuk duduk dengan nyaman dalam posisi santai.

Baca juga:

Pilih Pilates atau Yoga? Keduanya Sama-Sama Menyehatkan

2
Konsistensi akan terjaga dalam ruangan yang tenang tanpa gangguan. (Foto: Pexels/Magicbowls)

Menurut Price, meditasi bukan untuk menghentikan pikiran, melainkan malah memperkuat kemampuan pikiran seseorang. Alih-alih frustrasi, cobalah memandangnya sebagai peluang besar. Tidak peduli seberapa kecil atau seberapa sering pikiran mengembara, coba kembalikan dengan teknik pernapasan yang manfaatnya memperkuat kesadaran dan kerja otot-otot.

Meditasi merupakan keterampilan, sama seperti mengangkat beban atau mempelajari olahraga baru. Semakin sering berlatih, semakin baik manfaatnya. Ketika kamu mulai berlatih meditasi, perlu diingat bahwa ini bukan tentang menjadi sempurna, melainkan lebih pada memberikan kesempatan pada tubuh dan pikiran untuk lebih santai dan fokus. (lgi)

Baca juga:

Pria, Manfaatkan Yoga Untuk Vitalitas

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH