Waketum PPP Sebut Koalisi Parpol Bersifat Dinamis, Ada yang Bisa Bubar

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 06 Februari 2023
Waketum PPP Sebut Koalisi Parpol Bersifat Dinamis, Ada yang Bisa Bubar
Arsul Sani. ANTARA/Melalusa Susthira K

MerahPutih.com - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terdapat tiga koalisi antar partai yakni Koalisi Perubahan, Koalisi Indonesia Baru, dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Wakil Ketum Umum (Waketum) PPP, Arsul Sani menyebut koalisi yang tengah dibangun para parpol bisa saja berubah karena sifatnya masih dinamis atau belum sah.

Baca Juga

Cak Imin akan Bertemu Golkar, Ajak Gabung Koalisi PKB-Gerindra

"Apakah itu KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) atau yang menyebut diri Koalisi Perubahan, itu adalah sebuah koalisi yang bersifat dinamis," kata Arsul kepada wartawan di Jakarta, Senin (6/2)

Menurut Arsul, bisa saja ada partai di koalisi yang akhirnya keluar atau justru terhenti lantaran tak memenuhi ambang batas pencapresan 20 persen. Dengan demikian, dia menilai poros koalisi yang ada saat ini yakni KIB, KIR, dan bakal poros Koalisi Perubahan itu masih belum fix.

"Jadi itu yang harus dilihat, maka baik KIB, KIR, Koalisi Perubahan, itu adalah koalisi-koalisi yang harus kita pandang itu koalisi yang belum fix," lanjutnya.

Baca Juga

Cak Imin Beri Sinyal Ada Parpol Lain Gabung Koalisi PKB-Gerindra

Arsul lalu mengungkit langkah Partai NasDem yang berkunjung ke markas Golkar padahal dari koalisi yang berbeda. Ke depan, dia menilai hal seperti itu menjadi sesuatu yang biasa.

"Nah, itu saya kira di hari-hari mendatang, komunikasi yang menunjukkan dinamisnya koalisi itu akan terus berlangsung," pungkasnya.

Bukti masih dinamisnya koalisi terlihat saat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan akan menemui partai Golkar untuk mengajak koalisi.

"Justru kami mengajak Golkar untuk bergabung," sambung dia.

Cak Imin menjelaskan pertemuan itu diinisiasi kedua partai dan akan bertemu pada akhir pekan depan. Namun ia tak menyebut akan bertemu di mana.

Tak hanya Golkar, Imin menyebut akan membuka peluang dengan banyak partai untuk berkomunikasi.

"Semua, semua partai kita ajak bicara, kita undang kita ajak bicara," ujar Imin yang juga Wakil Ketua DPR ini. (Knu)

Baca Juga

Prabowo Sebut Peresmian Sekber Bukti Koalisi Gerindra-PKB Solid

#Partai Persatuan Pembangunan (PPP) #Partai Politik #Pemilu 2024
Bagikan
Bagikan