Waketum Persis Tegaskan Minuman Keras Induk Segala Kejahatan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Maret 2021
Waketum Persis Tegaskan Minuman Keras Induk Segala Kejahatan
Ilustrasi minuman beralkohol. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), KH Jeje Zaenudin menyayangkan sebagian isi Perpres Nomor 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Pasalnya, didalamnya memberi kelonggaran investasi asing pada produksi minuman keras/beralkohol hingga kepada tingkat pengecernya.

Baca Juga

PAN Desak Pemerintah Kaji Ulang Perpres Investasi Miras

"Sebagai bangsa dan masyarakat religius, kita harus berpedoman kepada norma dasar agama yang menyatakan bahwa al khamru, ummul khabaaits, minuman keras adalah induk segala kejahatan," kata Ustaz Jeje, Senin, (1/3).

Bagi pihak yang ingin melegalkan miras, kata Jeje, tentu jadi tambahan alasan untuk menolak pasal-pasal yang mengekang investasi dan peredaran miras secara terbuka, dengan argumen agar selaras dengan Perpres itu.

"Presiden RI Joko Widodo dalam hal ini seperti mengabaikan tanggung jawab moralnya atas masa depan akhlak," ujar Jeje.

Ilustrasi minuman keras. Foto: Istimewa

Seharusnya, lanjut dia, segala peluang yang bisa menimbulkan dampak kerusakan akhlak dicegah melalui peraturan. Bukan sebaliknya malah diberi legalitas hanya karena mengharap keuntungan materil dengan masuknya investasi asing.

"Menurut hemat saya, bagaimanapun peraturan perundang-undangan di Indonesia tidak boleh mengabaikan norma agama dan budaya bangsa yang religius. Dampak kerusakan moral anak bangsa akan jauh lebih besar harganya dibanding harapan keuntungan materi," jelas dia.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Seni dan Budaya ini menjelaskan, Perpres itu juga tidak mempertimbangkan RUU tentang larangan miras yang sedang dibahas di DPR.

"Sekiranya bertentangan dengan aspirasi masyarakat yang sedang diserap dalam pembahasan di DPR, tentu menjadi tambah kontroversial," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Anggota Polri Dilarang Pergi ke Tempat Hiburan dan Minum Miras

#Minuman Keras #Miras
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan