Wakapolri: Puncak Arus Mudik Jumat Dini Hari

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 23 Juni 2017
Wakapolri: Puncak Arus Mudik Jumat Dini Hari
Kendaraan pemudik antre melakukan pembayaran di pintu tol Kaligangsa, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/6). (ANTARA/Oky Lukmansyah)

Arus mudik Lebaran 2017 diperkirakan sudah melewati puncaknya. Puncak arus mudik terjadi pada Kamis (22/6) malam hingga Jumat (23/6) dini hari tadi.

"Saya dapat laporan tadi terakhir pukul 4 subuh tadi, itu puncak arus mudik sudah anti klimaks. Klimaksnya itu tadi malam. Sekitar pukul 22.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dini hari," ujar Wakapolri Komjen Pol Syafruddin di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/6).

Secara umum, lanjutnya, mudik lebaran tahun 2017 ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Meski sempat terjadi kepadatan di beberapa titik, namun dalam waktu tak begitu lama kepadatan tersebut dapat terurai.

"Terjadi kepadatan di Cikopo, di Merak dan di Brexit. Namun, bisa terurai dengan baik. Subuh ini dapat laporan sepanjang arah timur, Cikopo, Brexit, Kaligangsa sampai dengan Gringsing, sampai Merak juga cukup landai sampai hari ini. Jadi, Alhamdulillah ini telah berjalan dengan baik," tukasnya.

Sebanyak 187 ribu personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan mudik Lebaran 2017. Mereka, menurut Syafruddin, telah bekerja dengan baik di 1.112 titik layanan terpadu di seluruh Indonesia.

"Titik-titik krusial di Merak Bakauheni, Nagrek, Cikopo, Kemudian Brexit yang tahun lalu sempat masalah, itu cukup baik bisa terurai dengan cepat. Ada kepadatan sampai 5 kilometer, dalam waktu kurang dua jam sudah bisa terurai," tandasnya.

Lebih lanjut Syafruddin menuturkan, situasi keamanan juga cukup kondusif. Penurunan angka kriminalitas jauh sekitar 20 sampai 30 persen.

"Alhamdulillah ini berkat kerja sama masyarakat dan petugas keamanan, dan juga media yg terus memberikan informasi sehingga ini bisa berjalan dengan baik," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita lain terkait mudik di: Tol Jakarta-Cikampek Padat, Jasa Marga Berlakukan Contraflow

#Arus Mudik #Jalur Mudik #Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan