Teknologi

Wajib Tahu, Ini 3 Pengaturan Tersembunyi di Android 12

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 30 Juni 2022
Wajib Tahu, Ini 3 Pengaturan Tersembunyi di Android 12
Pengaturan Tersembunyi di Android 12. (Foto: Unsplash/denny-muller-HfWA)

ANDROID 12 memiliki beberapa fitur tersembunyi yang dapat mengubah cara penggunaan ponsel. Beberapa pengaturan ini akan sangat membantu pengguna ponsel Android di kondisi tertentu.

Seperti dilansir dari CNET, Selasa (28/6/2022), berikut ini tiga pengaturan tersembunyi di Android 12 yang wajib diketahui oleh pengguna.

Baca Juga:

Mobil Jadi Makin Ganteng dengan Tips Memotret Menggunakan Ponsel

android
Kini Android 12 menawarkan fitur riwayat notifikasi. (Foto: CNET)

Menyimpan riwayat notifikasi

Pengguna ponsel pasti pernah tidak sengaja menghapus notifikasi tanpa membacanya. Android 12 menawarkan fitur riwayat notifikasi sehingga pengguna dapat mengecek notifikasi yang terlewat. Untuk melihatnya, gulir ke bagian bawah notifikasi di mana pengguna akan melihat tombol Riwayat baru. Klik tombol tersebut dan pengguna akan melihat notifikasi yang baru saja dihapus serta peringatan dari 24 jam terakhir. Jika pengguna melihat pengaturan Kelola (Manage), itu karena Riwayat Pemberitahuan tidak diaktifkannya. Untuk mengaktifkannya, klik Kelola lalu pilih Riwayat Pemberitahuan dan aktifkan tombol On.

One-handed mode

Mode satu tangan (one-handed mode) mungkin bukan fitur utama, tetapi ini dapat membuat perbedaan besar dalam cara pengguna menggunakan ponsel. Mode ini memindahkan bagian atas dari apa pun yang ada di layar pengguna ke bagian bawah, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengakses pemberitahuan.

Untuk menggunakannya, letakkan jari di bilah kecil di bagian bawah layar ponsel kita dan geser ke bawah. Sebelum itu, pengguna harus mengaktifkannya dengan mengakses Pengaturan > Sistem > Gerakan (Gesture) > Mode One-Handed > aktifkan tombol On.

Baca Juga:

Aplikasi Seafood Advisor Upaya Tingkatkan Konsumsi Produk Ramah Lingkungan

android
Google telah menambahkan mode game khusus di Android 12. (Foto: CNET)

Mode gim khusus

Google telah menambahkan mode game khusus di Android 12. Saat mode ini dihidupkan, ponsel akan secara otomatis mengaktifkan fitur Do Not Disturb saat pengguna mulai bermain gim.

Untuk lebih spesifik, akses Settings > Notifications > Do Not Disturb > Schedules dan centang kotak di sebelah Game Mode untuk mengaktifkannya. Tidak banyak yang tahu, namun pengaturan tersebut dapat membantu pengguna Android di kondisi tertentu. (Mrf)

Baca Juga:

Ternyata Pria Lebih Suka Main Gim Ketimbang Tidur

#Teknologi #Android
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan